Isi Artikel Utama
Abstrak
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan tingkat perilaku konsumtif membeli produk fashion sebelum dan sesudah diberikan konseling kelompok dengan teknik kontrak perilaku. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain one-group pretest-posttest. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa bimbingan dan konseling Universitas Bengkulu. Metode sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan kriteria tertentu. Data dianalisis menggunakan uji wilcoxon dengan signifikansi 0.05. Hasil pre-test dan post-test dengan uji wilcoxon menunjukkan p < 0,05. Ini berarti terdapat pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik kontrak perilaku terhadap tingkat perilaku konsumtif dalam membeli produk fashion.
Kata Kunci: Perilaku Konsumtif, Layanan Konseling Kelompok, Teknik Kontrak Perilaku
Rincian Artikel
Referensi
- Amti, E. & Prayitno. 2013. Dasar – Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta
- Hidayah, R. 2015. Perilaku Konsumtif dalam Membeli Produk Fashion pada Mahasiswa Putri di Surakarta. Skripsi. Fakultas Psikologi : Universitas Muhammadyah Surakarta.
- Hotpascaman, S. 2010. Hubungan antara Perilaku Konsumtif dengan Konformitas pada Remaja. Skripsi. Fakultas Psikologi : Universitas Sumatera Utara.
- Hurlock, E. B. 2000. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.
- Ningrum, U. Y. 2011. Perilaku Konsumtif Terhadap Produk Pakaian Distro Ditinjau Dari Konformitas Pada Siswi SMK Abdi Negara Muntilan. Skripsi.Yogyakarta : Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
- Prayitno. (2004). Seri Layanan Konseling: L1-L9. Padang: Universitas Negeri.
- Sarlito, S. (2012). Psikologi Remaja. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
- Smith, M. B. (2011). Pengaruh Layanan Konselling Kelompok terhadap Disiplin Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara. Jurnal Penelitian dan Pendidikan, Vol. 8, No. 1: 22-32.
- Tambunan, R. 2001. Remaja dan Perilaku Konsumtif. Jurnal Psikologi dan Masyarakat. http//:www. e-psikologi.com/ Remaja/ 191101.htm.
- Zuriah, N. (2009). Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara.
Referensi
Amti, E. & Prayitno. 2013. Dasar – Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta
Hidayah, R. 2015. Perilaku Konsumtif dalam Membeli Produk Fashion pada Mahasiswa Putri di Surakarta. Skripsi. Fakultas Psikologi : Universitas Muhammadyah Surakarta.
Hotpascaman, S. 2010. Hubungan antara Perilaku Konsumtif dengan Konformitas pada Remaja. Skripsi. Fakultas Psikologi : Universitas Sumatera Utara.
Hurlock, E. B. 2000. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.
Ningrum, U. Y. 2011. Perilaku Konsumtif Terhadap Produk Pakaian Distro Ditinjau Dari Konformitas Pada Siswi SMK Abdi Negara Muntilan. Skripsi.Yogyakarta : Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Prayitno. (2004). Seri Layanan Konseling: L1-L9. Padang: Universitas Negeri.
Sarlito, S. (2012). Psikologi Remaja. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Smith, M. B. (2011). Pengaruh Layanan Konselling Kelompok terhadap Disiplin Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara. Jurnal Penelitian dan Pendidikan, Vol. 8, No. 1: 22-32.
Tambunan, R. 2001. Remaja dan Perilaku Konsumtif. Jurnal Psikologi dan Masyarakat. http//:www. e-psikologi.com/ Remaja/ 191101.htm.
Zuriah, N. (2009). Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara.