Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap pemahaman siswa mengenai relasi pertemanan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik eksperimen deskriptif. Subjek penelitian ini sebanyak 10 orang siswa kelas 8.A yang menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes sosiometri. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah adanya peningkatan yang signifikan terhadap relasi pertemanan pada siswa setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan hasil sosiometri yang telah diolah menjadi sosiogram, sehingga dapat disimpulkan bahwa ”ada pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap relasi pertemanan pada siswa di SMP N 13 Kota Bengkulu.”.
Kata Kunci : Bimbingan kelompok, relasi pertemanan
Article Details
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Abu Ahmadi. (2000). Sosiologi Pendidikan. Rineka Cipta. Jakarta. PT Asdi Mahasatya.
- Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
- Aswida, Marjohan & Syukur. (2012). Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok dalam Mengurangi Kecemasan Berkomunikasi pada Siswa.Jurnal Universitas Negeri Padang. Di unduh 12 Desemeber 2017. Vol. 1/No.1. Hal. 6-8.
- Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
- Hurlock, E. B. (2004). Psikologi Perkembangan. Jakarta : PT Gramedia Pustaka.
- Martono, N. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Raya. Grafindo.
- Maryati. (2010). Konsep Dasar Sosiometri. Jakarta : Usaha Nasional.
- Mawati, A. A. (2016). Bimbingan Sosial Dalam Meningkatkan Kemampuan Menjalin Relasi Pertemanan Siswa Kelas VIII 2015/2016 SMP Negeri Lendah. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan : Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
- Prayitno. (2004). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Ghalia Indonesia.
- Ritcher, J. (1987). An Econometrics Analysis of Income Tax Evasion and Its Detection. RAND Journal of Economics. Vol. 22 No. 1, p. 14-35.
- Sanderson, S. K. (1995). Sosiologi Makro: Sebuah Pendekatan Terhadap Realitas Sosial (Edisi Kedua) dengan Kata Pengantar Hotman Siahaan. Jakarta : CV Rajawali Press. PT. Raja Grafindo Persada.
- Santrock, J. W. (2002). A Topical Approach to Life-Span Development. New York: McGraw-Hill.
- Sarwono, S. W. & Meinarno, E. A. (2009). Psikologi Sosial. Jakarta : Salemba Humanika.
- Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
- _________. (2010). Metode Penelitian Administratif. Bandung: Alfabeta.
- _________. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
- Sukardi, D. K. (1983). Dasar - Dasar Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah. Surabaya: Usaha Nasional.
- Swanson, K. M. (1991). Empirical Development of a Middle Range Theory of Caring. Nursing Research. 40 (3), 161—166.
- Syahriman. 2013. Wawasan Dasar Bimbingan dan Konseling. Bengkulu. Universitas Bengkulu.
- Triyadi, F. (2016). Bimbingan Pribadi Sosial Untuk Meningkatkan Kemampuan Menjalin Relasi Pertemanan Siswa Yang Terisolir Kelas VIII D Di SMP Negeri 1 Jatipurno Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Universitas Sriwijaya Palembang. Di unduh 12 Desember 2017. Hal 5-7.
- Yuliandita, S. (2015). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok terhadap Peningkatan Pemahaman Self-Control Siswa Kelas IX Di SMP N 1 Wanasari Kabupaten Brebes Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan : Universitas Negeri Semarang.
References
Abu Ahmadi. (2000). Sosiologi Pendidikan. Rineka Cipta. Jakarta. PT Asdi Mahasatya.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Aswida, Marjohan & Syukur. (2012). Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok dalam Mengurangi Kecemasan Berkomunikasi pada Siswa.Jurnal Universitas Negeri Padang. Di unduh 12 Desemeber 2017. Vol. 1/No.1. Hal. 6-8.
Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Hurlock, E. B. (2004). Psikologi Perkembangan. Jakarta : PT Gramedia Pustaka.
Martono, N. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Raya. Grafindo.
Maryati. (2010). Konsep Dasar Sosiometri. Jakarta : Usaha Nasional.
Mawati, A. A. (2016). Bimbingan Sosial Dalam Meningkatkan Kemampuan Menjalin Relasi Pertemanan Siswa Kelas VIII 2015/2016 SMP Negeri Lendah. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan : Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Prayitno. (2004). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Ritcher, J. (1987). An Econometrics Analysis of Income Tax Evasion and Its Detection. RAND Journal of Economics. Vol. 22 No. 1, p. 14-35.
Sanderson, S. K. (1995). Sosiologi Makro: Sebuah Pendekatan Terhadap Realitas Sosial (Edisi Kedua) dengan Kata Pengantar Hotman Siahaan. Jakarta : CV Rajawali Press. PT. Raja Grafindo Persada.
Santrock, J. W. (2002). A Topical Approach to Life-Span Development. New York: McGraw-Hill.
Sarwono, S. W. & Meinarno, E. A. (2009). Psikologi Sosial. Jakarta : Salemba Humanika.
Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
_________. (2010). Metode Penelitian Administratif. Bandung: Alfabeta.
_________. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukardi, D. K. (1983). Dasar - Dasar Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah. Surabaya: Usaha Nasional.
Swanson, K. M. (1991). Empirical Development of a Middle Range Theory of Caring. Nursing Research. 40 (3), 161—166.
Syahriman. 2013. Wawasan Dasar Bimbingan dan Konseling. Bengkulu. Universitas Bengkulu.
Triyadi, F. (2016). Bimbingan Pribadi Sosial Untuk Meningkatkan Kemampuan Menjalin Relasi Pertemanan Siswa Yang Terisolir Kelas VIII D Di SMP Negeri 1 Jatipurno Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Universitas Sriwijaya Palembang. Di unduh 12 Desember 2017. Hal 5-7.
Yuliandita, S. (2015). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok terhadap Peningkatan Pemahaman Self-Control Siswa Kelas IX Di SMP N 1 Wanasari Kabupaten Brebes Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan : Universitas Negeri Semarang.