Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan penguasaan konten terhadap kebiasaan belajar siswa di SMP Negeri 12 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan Desain penelitian one group pretest posttes design, dengan sampel siswa kelas VII I sebanyak 21 orang siswa, pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive sampling. Data dianalisis dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada layanan penguasaan konten terhadap kebiasaan belajar siswa, dengan nilai t = -10,797 (p< 0.05). Ini berarti ada peningkatan kebiasaan belajar siswa setelah diberikan layanan penguasaan konten.
Kata Kunci : Layanan Penguasaan Konten, Kebiasaan Belajar Siswa
Article Details
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Aunurrahman, 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
- Djaali. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
- Gie, L.T. (1995). Cara Belajar yang Efisien. Jilid II Edisi Keempat. Yogyakarta: Liberty
- Mugiarso. (2009). Bimbingan dan Konseling. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.
- Prayitno, (2004). Layanan Penguasaan Konten. Padang: Universitas Negeri Padang.
- Slameto. (2010). Belajar dan Faktorfaktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta
- Sugiyono. (2010) Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
- Syah. (2006). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Zuriah, N. (2009). Metodologi Penelitian Sosial Dan Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
References
Aunurrahman, 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Djaali. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Gie, L.T. (1995). Cara Belajar yang Efisien. Jilid II Edisi Keempat. Yogyakarta: Liberty
Mugiarso. (2009). Bimbingan dan Konseling. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.
Prayitno, (2004). Layanan Penguasaan Konten. Padang: Universitas Negeri Padang.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktorfaktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta
Sugiyono. (2010) Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Syah. (2006). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Zuriah, N. (2009). Metodologi Penelitian Sosial Dan Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.