Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh  layanan  penguasaan konten terhadap kebiasaan belajar siswa di  SMP  Negeri  12 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan Desain penelitian one group pretest posttes design, dengan sampel siswa kelas VII I sebanyak 21 orang siswa, pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive sampling. Data dianalisis dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada layanan penguasaan konten terhadap kebiasaan belajar siswa, dengan nilai t = -10,797 (p< 0.05). Ini berarti ada peningkatan kebiasaan belajar siswa setelah diberikan layanan penguasaan konten.

Kata Kunci : Layanan Penguasaan Konten, Kebiasaan Belajar Siswa

Article Details

Author Biographies

I Wayan Dharmayana

Pembimbing I

Vira Afriyati

Pembimbing II
How to Cite
wahyudi, wahyudi, Dharmayana, I. W., & Afriyati, V. (2020). Pengaruh Layanan Penguasaan Konten Terhadap Kebiasaan Belajar Siswa pada kelas VII SMP N 12 Kota Bengkulu. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 3(3), 271–281. https://doi.org/10.33369/consilia.3.3.271-281

References

  1. Aunurrahman, 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
  2. Djaali. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
  3. Gie, L.T. (1995). Cara Belajar yang Efisien. Jilid II Edisi Keempat. Yogyakarta: Liberty
  4. Mugiarso. (2009). Bimbingan dan Konseling. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.
  5. Prayitno, (2004). Layanan Penguasaan Konten. Padang: Universitas Negeri Padang.
  6. Slameto. (2010). Belajar dan Faktorfaktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta
  7. Sugiyono. (2010) Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
  8. Syah. (2006). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  9. Zuriah, N. (2009). Metodologi Penelitian Sosial Dan Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.