Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan motivasi belajar siswa ditinjau dari intensitas penggunaan media sosial pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 21 Kota Bengkulu. Metode pada penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif komparatif. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah empat kelas dari kelas VIII SMP Negeri 21 Kota Bengkulu, yang telah dirandom. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah jenis uji statistik parametrik atau uji-t. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menyatakan bahwa terdapat perbedaan motivasi belajar yang signifikan pada siswa kelas VIII yang ditinjau dari intensitas penggunaan media sosial. Hal ini terlihat dari hasil uji hipotesis dengan uji beda (t-test) thitung = 3,217, dengan p = 0,002, dan ttabel = 1,65481, maka thitung > ttabel, sehingga dapat disimpulkan Ada perbedaan motivasi belajar siswa yang intensitas penggunaan media sosialnya tinggi dengan siswa yang intensitas penggunaan media sosialnya rendah.
Kata kunci: intensitas penggunaan media sosial, motivasi belajar.Article Details
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Djamarah, S.B. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
- Endang Sri Astuti, Resminingsih. (2010). Bahan Dasar Untuk Pelayanan Konseling Pada Satuan Pendidikan Menengah, Jilid I. Jakarta: PT. Grasindo.
- Hurlock, E.B. (1980). PSIKOLOGI PERKEMBANGAN: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang kehidupan. Edisi Kelima. (diterjemahkan oleh: ). Erlangga: Jakarta.
- Sardiman, A.M. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
- Saxena, S. (2014). Social Media can be Organized in 6 Clear Caegories. Diunduh dari http://www.easymedia.in/social-media-canorganized-6-clear-categories/.
- Schunk, Pintrich, and Meece. (2012). Motivasi dalam Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Aplikasi, Edisi ketiga. Jakarta: Indeks.
- Sinullingga, Sukaria. (2012). Metode Penelitian. Medan: USU Press.
- Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
- Sugiharto, B. A. (2016). Pengguna Internet di Indonesia Didominasi Anak Muda. CNN Indonesia. Diunduh dari http://www.cnnindonesia.com/teknologi/20161024161722-185-167570/pengguna-internet-di-indonesia-didominasi-anak-muda/ tanggal 19 Januari 2017.
- Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan r & d. Bandung: Alfabeta.
- Sukardi, Dewa Ketut. (2010). Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
- Sukardi. (2009). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.
- Sulistyo-Basuki. (2006). Metode Penelitian. Jakarta: Wedatama Widya Sastra.
- Uno, Hamzah B. (2012). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di bidang pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
References
Djamarah, S.B. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Endang Sri Astuti, Resminingsih. (2010). Bahan Dasar Untuk Pelayanan Konseling Pada Satuan Pendidikan Menengah, Jilid I. Jakarta: PT. Grasindo.
Hurlock, E.B. (1980). PSIKOLOGI PERKEMBANGAN: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang kehidupan. Edisi Kelima. (diterjemahkan oleh: ). Erlangga: Jakarta.
Sardiman, A.M. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Saxena, S. (2014). Social Media can be Organized in 6 Clear Caegories. Diunduh dari http://www.easymedia.in/social-media-canorganized-6-clear-categories/.
Schunk, Pintrich, and Meece. (2012). Motivasi dalam Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Aplikasi, Edisi ketiga. Jakarta: Indeks.
Sinullingga, Sukaria. (2012). Metode Penelitian. Medan: USU Press.
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiharto, B. A. (2016). Pengguna Internet di Indonesia Didominasi Anak Muda. CNN Indonesia. Diunduh dari http://www.cnnindonesia.com/teknologi/20161024161722-185-167570/pengguna-internet-di-indonesia-didominasi-anak-muda/ tanggal 19 Januari 2017.
Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan r & d. Bandung: Alfabeta.
Sukardi, Dewa Ketut. (2010). Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Sukardi. (2009). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.
Sulistyo-Basuki. (2006). Metode Penelitian. Jakarta: Wedatama Widya Sastra.
Uno, Hamzah B. (2012). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di bidang pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.