Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok dalam meningkatkan kemandirian belajar anak yang broken home.Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan one group pretest-posttest.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.E dan VII.F SMP N 11 Kota Bengkulu yang berjumlah 31 siswa.sampel menggunakan purposive sampling. Jumalah sampel adalah 8 siswa.data hasil penelitian ini dianalisis menggunakan uji z. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian belajar siswa meningkat setelah diberikan layanan konseling kelompok, hal ini ditunjukkan dengan nilai z = -2.524adengan taraf signifikansi (2-tailed) sebesar 0.012 yang berarti 0.012 < 0.05. Temuan ini menunjukkan bahwa ada pengaruh layanan konseling kelompok dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa broken home di SMP N 11 Kota Bengkulu.
Kata Kunci : kemandirian belajar, siswa, konseling kelompok
Article Details
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.