Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan penguasaan konten dengan teknik self managemen terhadap perilaku agresif siswa kelas VIII di SMP Negeri 12 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian one grup pretest dan posttest. Sampel pada penelitian ini  adalah siswa kelas VIII H SMP Negeri 12 Kota Bengkulu. Hasil penelitian menunjukan adanya penurunan perilaku agresif siswa setelah diberikannya layanan penguasaan konten dengan teknik self management. Hal ini dapat terlihat dari hasil pengujian hipotesis dengan nilai uji t = 12, 629, nilai sig sebesar 0,000 ( p <0,005). Artinya ada pengaruh layanan penguasaan konten dengan teknik self management terhadap perilaku agresif siswa.

Kata kunci : Layanan Penguasaan Konten, Teknik Self Management, Perilaku Agresif

Article Details

How to Cite
Latifa, N., Dharmayana, I. W., & Afriyati, V. (2019). EFEKTIFITAS LAYANAN PENGUASAAAN KONTEN DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MEREDUKSI PERILAKU AGRESIF SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 12 KOTA BENGKULU. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 2(2), 160–168. https://doi.org/10.33369/consilia.2.2.160-168

References

  1. Daftar Pustaka
  2. Alamri, Nurdjana. (2015). Layanan Bimbingan Kelompok Dengan TeknikSelf Management Untuk Mengurangi Perilaku Terlambat Masuk Sekolah (studi pada siswa kelas X SMA 1 Gebong Tahun 2014/2015). Jurnal Konseling GUSJIGAN Vol 1 No. 1 Tahun 2015 ISSN 2460-118.
  3. Annisavitry, Yadinda, (2017). Hubungan Antara Kematangan Dengan Agresivitas Pada Remaja. Character: Jurnal Psikologi Pendidikan Volume 04 Nomor 1 Tahun 2017
  4. Dyah Ayu, Hadi Warsito. (2013). Penerapan Strategi Pengelolaan Diri (Self Management) untuk Mengurangi Kenakalan Remaja Korban Broken Home.
  5. Kulsum, Umi, dan Mohammad Jauhar, (2014). “Pengantar Psikologi Sosial”. Jakarta : Prestasi Pustaka Jaya.
  6. Mohammad, Ali. (2014). Metodelogi & Aplikasi Riset Pendidikan. Jakatra: PT Bumi Aksara.
  7. Prayitno. (2017). Konselor Profesional yang berhasil.Jakarta:PT RajaGrafindo Persada.
  8. Sholihah, Nikmatus. (2013). Penerapan Self Management untuk meningkatkan disiplin. Jurnal BK UNESA, Vol 03 Tahun 32013.
  9. Siddiqah, Laela. ( 2010 ). Pencegahan dan Penanganan Perilaku Agresif Remaja Melalui Pengelolaan Amarah. Jurnal Psikologi Volume 37, No.1, Juni 2010: 50-64.
  10. Yunika, Septiana. (2013). Kegunaan Konseling Kelompok Realita Untuk Menurunkan Perilaku Agresif Siswa di SMP PGRI 1 Karang Empat Surabaya.Jurnal BK UNESA. Volume 03 Nomor 01 Tahun 2013, 217 – 222
  11. Yustisi, MS. (2013). Pelatihan Regulasi Emosi untuk Menurunkan Perilaku Agresif pada Anak. Humanitas. Vol x no. 1 Januari 2013.