Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan penguasaan konten dengan teknik self managemen terhadap perilaku agresif siswa kelas VIII di SMP Negeri 12 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian one grup pretest dan posttest. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII H SMP Negeri 12 Kota Bengkulu. Hasil penelitian menunjukan adanya penurunan perilaku agresif siswa setelah diberikannya layanan penguasaan konten dengan teknik self management. Hal ini dapat terlihat dari hasil pengujian hipotesis dengan nilai uji t = 12, 629, nilai sig sebesar 0,000 ( p <0,005). Artinya ada pengaruh layanan penguasaan konten dengan teknik self management terhadap perilaku agresif siswa.
Kata kunci : Layanan Penguasaan Konten, Teknik Self Management, Perilaku AgresifArticle Details
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Daftar Pustaka
- Alamri, Nurdjana. (2015). Layanan Bimbingan Kelompok Dengan TeknikSelf Management Untuk Mengurangi Perilaku Terlambat Masuk Sekolah (studi pada siswa kelas X SMA 1 Gebong Tahun 2014/2015). Jurnal Konseling GUSJIGAN Vol 1 No. 1 Tahun 2015 ISSN 2460-118.
- Annisavitry, Yadinda, (2017). Hubungan Antara Kematangan Dengan Agresivitas Pada Remaja. Character: Jurnal Psikologi Pendidikan Volume 04 Nomor 1 Tahun 2017
- Dyah Ayu, Hadi Warsito. (2013). Penerapan Strategi Pengelolaan Diri (Self Management) untuk Mengurangi Kenakalan Remaja Korban Broken Home.
- Kulsum, Umi, dan Mohammad Jauhar, (2014). “Pengantar Psikologi Sosial”. Jakarta : Prestasi Pustaka Jaya.
- Mohammad, Ali. (2014). Metodelogi & Aplikasi Riset Pendidikan. Jakatra: PT Bumi Aksara.
- Prayitno. (2017). Konselor Profesional yang berhasil.Jakarta:PT RajaGrafindo Persada.
- Sholihah, Nikmatus. (2013). Penerapan Self Management untuk meningkatkan disiplin. Jurnal BK UNESA, Vol 03 Tahun 32013.
- Siddiqah, Laela. ( 2010 ). Pencegahan dan Penanganan Perilaku Agresif Remaja Melalui Pengelolaan Amarah. Jurnal Psikologi Volume 37, No.1, Juni 2010: 50-64.
- Yunika, Septiana. (2013). Kegunaan Konseling Kelompok Realita Untuk Menurunkan Perilaku Agresif Siswa di SMP PGRI 1 Karang Empat Surabaya.Jurnal BK UNESA. Volume 03 Nomor 01 Tahun 2013, 217 – 222
- Yustisi, MS. (2013). Pelatihan Regulasi Emosi untuk Menurunkan Perilaku Agresif pada Anak. Humanitas. Vol x no. 1 Januari 2013.
References
Daftar Pustaka
Alamri, Nurdjana. (2015). Layanan Bimbingan Kelompok Dengan TeknikSelf Management Untuk Mengurangi Perilaku Terlambat Masuk Sekolah (studi pada siswa kelas X SMA 1 Gebong Tahun 2014/2015). Jurnal Konseling GUSJIGAN Vol 1 No. 1 Tahun 2015 ISSN 2460-118.
Annisavitry, Yadinda, (2017). Hubungan Antara Kematangan Dengan Agresivitas Pada Remaja. Character: Jurnal Psikologi Pendidikan Volume 04 Nomor 1 Tahun 2017
Dyah Ayu, Hadi Warsito. (2013). Penerapan Strategi Pengelolaan Diri (Self Management) untuk Mengurangi Kenakalan Remaja Korban Broken Home.
Kulsum, Umi, dan Mohammad Jauhar, (2014). “Pengantar Psikologi Sosial”. Jakarta : Prestasi Pustaka Jaya.
Mohammad, Ali. (2014). Metodelogi & Aplikasi Riset Pendidikan. Jakatra: PT Bumi Aksara.
Prayitno. (2017). Konselor Profesional yang berhasil.Jakarta:PT RajaGrafindo Persada.
Sholihah, Nikmatus. (2013). Penerapan Self Management untuk meningkatkan disiplin. Jurnal BK UNESA, Vol 03 Tahun 32013.
Siddiqah, Laela. ( 2010 ). Pencegahan dan Penanganan Perilaku Agresif Remaja Melalui Pengelolaan Amarah. Jurnal Psikologi Volume 37, No.1, Juni 2010: 50-64.
Yunika, Septiana. (2013). Kegunaan Konseling Kelompok Realita Untuk Menurunkan Perilaku Agresif Siswa di SMP PGRI 1 Karang Empat Surabaya.Jurnal BK UNESA. Volume 03 Nomor 01 Tahun 2013, 217 – 222
Yustisi, MS. (2013). Pelatihan Regulasi Emosi untuk Menurunkan Perilaku Agresif pada Anak. Humanitas. Vol x no. 1 Januari 2013.