Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan bimbingan kelompokdengan menggunakan metode time token arends untuk meningkatkan keterampilan sosial mahasiswa Himpunan Mahasiswa Bengkulu Utara. Metode yang digunakan adalah metode Quasi Experiment dengan desain one group pre test and post test. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa mahasiswa Himpunan Mahasiswa Bengkulu berjumlah 12 orang. Prosedur pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala model Likert. Teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat keterampilan sosial mahasiswa sebelum diberikan layanan rata-rata skor 178,33 dengan kategori sedang. Nilai setelah diberikan layanan rata-rata skor 256,42dengan kategori tinggi. Hasil uji t menunjukan nilai t= (-9,219)danp= 0.000 maka p<0.05, sehingga hipotesis H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya ada pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan keterampilan sosial sebelum dan setelah diberi layanan bimbingan kelompok dengan metode time token arends.
Kata kunci: keterampilan sosial, layanan bimbingan kelompok , metode time token arends.
Article Details
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- DAFTAR PUSTAKA
- Amtorunajah & Masruri, M. S. (2015). Peningkatan Keterampilan Sosial Siswa Dalam Pembelajaran IPS Melalui Outdoor Activity di SMP Negeri 1 Kaligondang Kabupaten Purbalingga. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS. 2 (1). Hal: 1-11.
- Dewi,E.K.(2013).Peningkatan Keterampilan Sosial Melalui Bimbingan Kelompok Berbasis Cooperative Learning Di Smp Negeri 2 Pakem Kelas VIII C. Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta
- Kurniasih & Sani. (2016). Ragam pengembangan model pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Surabaya: Kata Pena
- Laila,M., Hardiansyah,M., & Miftahul,J.(2018)Peningkatan Keterampilan Sosial Peserta Didik SMA Menggunakan Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Diskusi. Jurnal Bimbingan dan Konseling.05(1). Hal: 1-5
- Prayitno & Amti, E. (2004). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
- Prayitno. (1995). Layanan Bimbingan Dan Konseling Kelompok. Padang:Ghalia Indonesia
- Puspintari, A. (2017). Pengaruh Penerapan Metode Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Terhadap Keterampilan Sosial Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Integratif Kelas V di SD Negeri Jetis Bantul. Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta
- Shoimin, A. (2014). 68 Model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
- Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. 451 hlmn.
- Wibowo. (2016).Perilaku dalam Organisasi. Jakarta: Rajawali Pers. 318 hlmn.
References
DAFTAR PUSTAKA
Amtorunajah & Masruri, M. S. (2015). Peningkatan Keterampilan Sosial Siswa Dalam Pembelajaran IPS Melalui Outdoor Activity di SMP Negeri 1 Kaligondang Kabupaten Purbalingga. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS. 2 (1). Hal: 1-11.
Dewi,E.K.(2013).Peningkatan Keterampilan Sosial Melalui Bimbingan Kelompok Berbasis Cooperative Learning Di Smp Negeri 2 Pakem Kelas VIII C. Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta
Kurniasih & Sani. (2016). Ragam pengembangan model pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Surabaya: Kata Pena
Laila,M., Hardiansyah,M., & Miftahul,J.(2018)Peningkatan Keterampilan Sosial Peserta Didik SMA Menggunakan Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Diskusi. Jurnal Bimbingan dan Konseling.05(1). Hal: 1-5
Prayitno & Amti, E. (2004). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
Prayitno. (1995). Layanan Bimbingan Dan Konseling Kelompok. Padang:Ghalia Indonesia
Puspintari, A. (2017). Pengaruh Penerapan Metode Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Terhadap Keterampilan Sosial Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Integratif Kelas V di SD Negeri Jetis Bantul. Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta
Shoimin, A. (2014). 68 Model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. 451 hlmn.
Wibowo. (2016).Perilaku dalam Organisasi. Jakarta: Rajawali Pers. 318 hlmn.