Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik instruksi diri untuk menurunkan stres akademik siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan one group pretest-posttest design, dengan sampel penelitian siswa kelas XI IIS 1 sebanyak 6 orang siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner stres akademik. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan uji Z. Hasil penelitian menunjukkan penurunan stres akademik siswa setelah diberikan konseling kelompok dengan teknik instruksi diri. Hal ini ditunjukkan dengan nilai z= -2,201a (p< 0,05). Temuan ini menunjukkan bahwa layanan konseling kelompok dengan teknik instruksi diri dapat menurunkan stres akademik pada siswa kelas.

 

Kata Kunci    : konseling kelompok , stres akademik, teknik instruksi diri

Article Details

How to Cite
Mardianti, L., & Dharmayana, I. W. (2020). LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK INSTRUKSI DIRI UNTUK MENURUNKAN STRES AKADEMIK PADA SISWA. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 93–105. https://doi.org/10.33369/consilia.3.1.93-105

References

  1. Daftar Pustaka
  2. Arifin, A. (2018). Menimilasir Stres Belajar Siswa Melalui Teknik Meditasi Hening. Jurnal Bimbingan dan Konseling. Vol 02, No 01. 2018. Hal 68-74.
  3. Barseli M., Riska, A, Ifdil, I (2018). Hubungan Stres Akademik Siswa Dengan Hasil Belajar. Jurnal Education., Volume 4, No 1,. Hal 40-47.
  4. Corey, G. (1995). Teori dan Paktek Dari Konseling dan Psikoterapi. Semarang: IKIP Semarang Press.
  5. Faris, F. (2015) Kurikulum 2013 Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Progressivisme. Jurnal Filsafat. Vol 25, No 2, 2015. Hal 317-338.
  6. Konadi, H., Mudjiran., & Yeni, K. (2017). Efektivitas Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy Melalui Bimbingan Kelompok Untuk Mengatasi Stres Akademik Siswa. Konselor. Vol, 6. No, 4. Hal 120-131.
  7. Kurniawati. F (2015). Perbedaan Stres Belajar Siswa Dengan Pembelajaran Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013 di SMA Kabupaten Klaten. Jurnal Bimbingan dan Konseling. Edisi 11.. Hal 1-12.
  8. Nurcahyani, Istiana dan Fauzan (2016). Efektivitas Teknik Relaksasi Dalam Konseling Kelompok Behavioral Untuk Menurunkan Stres Belajar Siswa SMA. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling. Vol.1 , No.1, Hal 1-6.
  9. Oon. A (2007). Handling Student’s Stress. Jakarta: Gramedia.
  10. Sarjono, H., dan Julianita, W. (2013) SPSS vs Lisrel Sebuah Pengantar, Aplikasi untuk Riset. Jakarta: Salemba Empat.
  11. Sugiyono. (2008). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
  12. Winkel, W.S dan Hastuti, S. (2005). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.