Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik instruksi diri untuk menurunkan stres akademik siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan one group pretest-posttest design, dengan sampel penelitian siswa kelas XI IIS 1 sebanyak 6 orang siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner stres akademik. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan uji Z. Hasil penelitian menunjukkan penurunan stres akademik siswa setelah diberikan konseling kelompok dengan teknik instruksi diri. Hal ini ditunjukkan dengan nilai z= -2,201a (p< 0,05). Temuan ini menunjukkan bahwa layanan konseling kelompok dengan teknik instruksi diri dapat menurunkan stres akademik pada siswa kelas.
Kata Kunci : konseling kelompok , stres akademik, teknik instruksi diri
Article Details
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Daftar Pustaka
- Arifin, A. (2018). Menimilasir Stres Belajar Siswa Melalui Teknik Meditasi Hening. Jurnal Bimbingan dan Konseling. Vol 02, No 01. 2018. Hal 68-74.
- Barseli M., Riska, A, Ifdil, I (2018). Hubungan Stres Akademik Siswa Dengan Hasil Belajar. Jurnal Education., Volume 4, No 1,. Hal 40-47.
- Corey, G. (1995). Teori dan Paktek Dari Konseling dan Psikoterapi. Semarang: IKIP Semarang Press.
- Faris, F. (2015) Kurikulum 2013 Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Progressivisme. Jurnal Filsafat. Vol 25, No 2, 2015. Hal 317-338.
- Konadi, H., Mudjiran., & Yeni, K. (2017). Efektivitas Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy Melalui Bimbingan Kelompok Untuk Mengatasi Stres Akademik Siswa. Konselor. Vol, 6. No, 4. Hal 120-131.
- Kurniawati. F (2015). Perbedaan Stres Belajar Siswa Dengan Pembelajaran Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013 di SMA Kabupaten Klaten. Jurnal Bimbingan dan Konseling. Edisi 11.. Hal 1-12.
- Nurcahyani, Istiana dan Fauzan (2016). Efektivitas Teknik Relaksasi Dalam Konseling Kelompok Behavioral Untuk Menurunkan Stres Belajar Siswa SMA. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling. Vol.1 , No.1, Hal 1-6.
- Oon. A (2007). Handling Student’s Stress. Jakarta: Gramedia.
- Sarjono, H., dan Julianita, W. (2013) SPSS vs Lisrel Sebuah Pengantar, Aplikasi untuk Riset. Jakarta: Salemba Empat.
- Sugiyono. (2008). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
- Winkel, W.S dan Hastuti, S. (2005). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.
References
Daftar Pustaka
Arifin, A. (2018). Menimilasir Stres Belajar Siswa Melalui Teknik Meditasi Hening. Jurnal Bimbingan dan Konseling. Vol 02, No 01. 2018. Hal 68-74.
Barseli M., Riska, A, Ifdil, I (2018). Hubungan Stres Akademik Siswa Dengan Hasil Belajar. Jurnal Education., Volume 4, No 1,. Hal 40-47.
Corey, G. (1995). Teori dan Paktek Dari Konseling dan Psikoterapi. Semarang: IKIP Semarang Press.
Faris, F. (2015) Kurikulum 2013 Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Progressivisme. Jurnal Filsafat. Vol 25, No 2, 2015. Hal 317-338.
Konadi, H., Mudjiran., & Yeni, K. (2017). Efektivitas Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy Melalui Bimbingan Kelompok Untuk Mengatasi Stres Akademik Siswa. Konselor. Vol, 6. No, 4. Hal 120-131.
Kurniawati. F (2015). Perbedaan Stres Belajar Siswa Dengan Pembelajaran Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013 di SMA Kabupaten Klaten. Jurnal Bimbingan dan Konseling. Edisi 11.. Hal 1-12.
Nurcahyani, Istiana dan Fauzan (2016). Efektivitas Teknik Relaksasi Dalam Konseling Kelompok Behavioral Untuk Menurunkan Stres Belajar Siswa SMA. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling. Vol.1 , No.1, Hal 1-6.
Oon. A (2007). Handling Student’s Stress. Jakarta: Gramedia.
Sarjono, H., dan Julianita, W. (2013) SPSS vs Lisrel Sebuah Pengantar, Aplikasi untuk Riset. Jakarta: Salemba Empat.
Sugiyono. (2008). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Winkel, W.S dan Hastuti, S. (2005). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.