Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara interaksi sosial teman sebaya dengan penerimaan sosial pada siswa kelas XI di SMA Negeri 9 Kota Bengkulu.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI dengan jumlah siswa sebanyak 76 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini ialah dengan menggunakan total sampling. Alat pengumpulan data menggunakan skala interaksi sosial teman sebaya dan skala penerimaan sosial. Uji validitas instrumen menggunakan product moment dari Pearson, sedangkan reliabilitas menggunakan Alpha cronbach dengan nilai koefisien 0,753 pada interaksi sosial teman sebaya dan 0,908 pada penerimaan sosial. Analisis data untuk menguji hipotesis dengan menggunakan teknik korelasi product moment dari Pearson.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara interaksi sosial teman sebaya dengan penerimaan sosial pada siswa kelas XI di SMA Negeri 09 Kota Bengkulu. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,91 atau lebih dari 0,05 dan p = 0,000 (p < 0,05) yang berarti hipotesis alternatif (Ha) diterima. Besarnya koefisien korelasi bersifat positif, artinya semakin tinggi tingkat interaksi sosial teman sebaya siswa, semakin tinggi pula tingkat penerimaan sosial, sebaliknya, semakin rendah tingkat interaksi sosial teman sebaya siswa, semakin rendah pula tingkat penerimaan sosial.
Kata kunci : interaksi sosial teman sebaya, penerimaan sosial
Article Details
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- DAFTAR PUSTAKA
- Ahmadi, A. (2004). Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta.
- Berk, L. E. (2003). Child development, (6th ed.), MA: Allyn & Bacon, Boston.
- Walgito, B. (2003). Psikologi Sosial. Yogyakarta: Andi.
- Chaplin, J.P. (1995). Kamus Lengkap Psikologi. Terj. Kartono Kartini. Jakarta: Grasindo Persada.
- Drost, Ellen A. 2011. Validity and Reliability in Social Science Research. Education Researchand Perspectives,38,.(1 )
- Hurlock, E. B. (1980). Psikologi Perkembangan : Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta : Penerbit Erlangga.
- Santrock, J.W. (2007). Adolescense. Jakarta: Erlangga.
- Yusuf, W. (2006). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Tirtarahardja, U. (1995). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.
- Santosa, S. (2004). Dinamika Kelompok. Jakarta: Bumi Aksara.
- Sugiyono. (2009). Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Alfabeta.
- W. A Gerungan. (2004). Psikologi Sosial. Bandung: Refika Aditama.
References
DAFTAR PUSTAKA
Ahmadi, A. (2004). Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta.
Berk, L. E. (2003). Child development, (6th ed.), MA: Allyn & Bacon, Boston.
Walgito, B. (2003). Psikologi Sosial. Yogyakarta: Andi.
Chaplin, J.P. (1995). Kamus Lengkap Psikologi. Terj. Kartono Kartini. Jakarta: Grasindo Persada.
Drost, Ellen A. 2011. Validity and Reliability in Social Science Research. Education Researchand Perspectives,38,.(1 )
Hurlock, E. B. (1980). Psikologi Perkembangan : Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta : Penerbit Erlangga.
Santrock, J.W. (2007). Adolescense. Jakarta: Erlangga.
Yusuf, W. (2006). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tirtarahardja, U. (1995). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.
Santosa, S. (2004). Dinamika Kelompok. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. (2009). Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Alfabeta.
W. A Gerungan. (2004). Psikologi Sosial. Bandung: Refika Aditama.