Isi Artikel Utama
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pemberian layanan informasi terhadap peningkatan sikap jujur siswa kelas VIII D SMPN 03 Bengkulu Tengah. Metode Penelitian ini menggunakan eksperimen one group pre-test post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 03 Bengkulu Tengah. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling sampel yang diambil adalah kelas VIII D, teknik pengumpulan data menggunakan angket, teknik analisis data menggunakan uji Z. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sikap jujur meningkat setelah diberikan layanan informasi sebanyak 6 kali pertemuan. Hal ini terlihat dari nilai uji Z = -5.087 dengan sig (2-tailed) adalah .000 artinya nilai sig (2-tailed) .000< 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil ini menunjukan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap layanan informasi dengan format klasikal dalam meningkatkan sikap jujur siswa.
Kata kunci: Layanan informasi, sikap jujur.
Rincian Artikel
Referensi
- ABSTRAK
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pemberian layanan informasi terhadap peningkatan sikap jujur siswa kelas VIII D SMPN 03 Bengkulu Tengah. Metode Penelitian ini menggunakan eksperimen one group pre-test post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 03 Bengkulu Tengah. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling sampel yang diambil adalah kelas VIII D, teknik pengumpulan data menggunakan angket, teknik analisis data menggunakan uji Z. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sikap jujur meningkat setelah diberikan layanan informasi sebanyak 6 kali pertemuan. Hal ini terlihat dari nilai uji Z = -5.087 dengan sig (2-tailed) adalah .000 artinya nilai sig (2-tailed) .000< 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil ini menunjukan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap layanan informasi dengan format klasikal dalam meningkatkan sikap jujur siswa.
- Kata kunci: Layanan informasi, sikap jujur.
Referensi
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pemberian layanan informasi terhadap peningkatan sikap jujur siswa kelas VIII D SMPN 03 Bengkulu Tengah. Metode Penelitian ini menggunakan eksperimen one group pre-test post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 03 Bengkulu Tengah. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling sampel yang diambil adalah kelas VIII D, teknik pengumpulan data menggunakan angket, teknik analisis data menggunakan uji Z. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sikap jujur meningkat setelah diberikan layanan informasi sebanyak 6 kali pertemuan. Hal ini terlihat dari nilai uji Z = -5.087 dengan sig (2-tailed) adalah .000 artinya nilai sig (2-tailed) .000< 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil ini menunjukan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap layanan informasi dengan format klasikal dalam meningkatkan sikap jujur siswa.
Kata kunci: Layanan informasi, sikap jujur.