Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pemberian layanan informasi terhadap peningkatan sikap jujur siswa kelas VIII D SMPN 03 Bengkulu Tengah. Metode Penelitian ini menggunakan eksperimen one group pre-test post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 03 Bengkulu Tengah. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling sampel yang diambil adalah kelas VIII D, teknik pengumpulan data menggunakan angket, teknik analisis data menggunakan uji Z. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sikap jujur meningkat setelah diberikan layanan informasi sebanyak 6 kali pertemuan. Hal ini terlihat dari nilai uji Z = -5.087 dengan sig (2-tailed) adalah .000 artinya nilai sig (2-tailed) .000< 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil ini menunjukan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap layanan informasi dengan format klasikal dalam meningkatkan sikap jujur siswa.
Kata kunci: Layanan informasi, sikap jujur.
Article Details
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- ABSTRAK
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pemberian layanan informasi terhadap peningkatan sikap jujur siswa kelas VIII D SMPN 03 Bengkulu Tengah. Metode Penelitian ini menggunakan eksperimen one group pre-test post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 03 Bengkulu Tengah. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling sampel yang diambil adalah kelas VIII D, teknik pengumpulan data menggunakan angket, teknik analisis data menggunakan uji Z. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sikap jujur meningkat setelah diberikan layanan informasi sebanyak 6 kali pertemuan. Hal ini terlihat dari nilai uji Z = -5.087 dengan sig (2-tailed) adalah .000 artinya nilai sig (2-tailed) .000< 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil ini menunjukan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap layanan informasi dengan format klasikal dalam meningkatkan sikap jujur siswa.
- Kata kunci: Layanan informasi, sikap jujur.
References
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pemberian layanan informasi terhadap peningkatan sikap jujur siswa kelas VIII D SMPN 03 Bengkulu Tengah. Metode Penelitian ini menggunakan eksperimen one group pre-test post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 03 Bengkulu Tengah. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling sampel yang diambil adalah kelas VIII D, teknik pengumpulan data menggunakan angket, teknik analisis data menggunakan uji Z. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sikap jujur meningkat setelah diberikan layanan informasi sebanyak 6 kali pertemuan. Hal ini terlihat dari nilai uji Z = -5.087 dengan sig (2-tailed) adalah .000 artinya nilai sig (2-tailed) .000< 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil ini menunjukan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap layanan informasi dengan format klasikal dalam meningkatkan sikap jujur siswa.
Kata kunci: Layanan informasi, sikap jujur.