Main Article Content

Abstract

       ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pemberian layanan informasi terhadap peningkatan sikap jujur siswa kelas VIII D SMPN 03 Bengkulu Tengah. Metode Penelitian ini menggunakan eksperimen  one group pre-test post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 03 Bengkulu Tengah. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling sampel yang diambil adalah kelas VIII D, teknik pengumpulan data  menggunakan angket, teknik analisis data menggunakan uji Z. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sikap jujur meningkat setelah diberikan layanan informasi sebanyak 6 kali pertemuan. Hal ini terlihat dari nilai uji  Z = -5.087 dengan sig (2-tailed) adalah .000 artinya nilai sig (2-tailed) .000< 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil ini menunjukan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap layanan informasi dengan format klasikal dalam meningkatkan sikap jujur siswa.

 

Kata kunci: Layanan informasi, sikap jujur.

Article Details

How to Cite
Sriwidia, I., & Avriyati, V. (2020). PENGARUH PEMBERIAN LAYANAN INFORMASI DENGAN FORMAT KLASIKAL DALAM MENINGKATKAN SIKAP JUJUR SISWA KELAS VIII D SMP NEGERI 03 BENGKULU TENGAH. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 76–82. https://doi.org/10.33369/consilia.3.1.76-82

References

  1. ABSTRAK
  2. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pemberian layanan informasi terhadap peningkatan sikap jujur siswa kelas VIII D SMPN 03 Bengkulu Tengah. Metode Penelitian ini menggunakan eksperimen one group pre-test post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 03 Bengkulu Tengah. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling sampel yang diambil adalah kelas VIII D, teknik pengumpulan data menggunakan angket, teknik analisis data menggunakan uji Z. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sikap jujur meningkat setelah diberikan layanan informasi sebanyak 6 kali pertemuan. Hal ini terlihat dari nilai uji Z = -5.087 dengan sig (2-tailed) adalah .000 artinya nilai sig (2-tailed) .000< 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil ini menunjukan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap layanan informasi dengan format klasikal dalam meningkatkan sikap jujur siswa.
  3. Kata kunci: Layanan informasi, sikap jujur.