Main Article Content

Abstract

ABSTRAK
Air minum adalah air yang melalui proses pengolahan atau tanpa proses pengolahan yang memenuhi syarat kesehatan dan dapat langsung diminum. Perusahaan daerah air minum (PDAM) sebagai perusahaan air minum belum dapat sepenuhnya menyediakan air bersih bagi masyarakat karena masih banyak mengalami kendala-kendala. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membuat alat water treatment menggunakan sistem kendali PID dengan metode trial & error. dengan melihat parameter kekeruhan dan pH pada air yang menjadi syarat air layak minum. Alat ini terdiri atas perangkat keras dan perangkat lunak, perangkat keras terdiri atas sensor pH, sensor kekeruhan, dan motor servo. Sedangkan perangkat lunak terdiri atas aplikasi arduino IDE(Integrated Development Environtment.) Pada perancangan ini menerapkan kontroler PID sebagai pengatur bukaan motor servo sehingga sesuai dengan nilai yang diinginkan. Nilai yang ingin dicapai yaitu pH 7 dan kekeruhan <5 NTU(nephelometric turbidity unit). Pada pengujian sistem didapat nilai set PID dengan Kp=3, Ki=1,5 dan Kd=2 yang dicapai untuk menetralkan air dengan rata-rata waktu selama 3,2 menit pada pengkondisian air asam. Sedangkan pada pengkondisian air basa, untuk menetralkan air dengan rata-rata waktu selama 4,2 menit. Untuk tingkat kekeruhan, telah didapat nilai yang dicapai untuk menjernihkan air dengan rata-rata waktu selama 6,6 menit pada pengkondisian air sampai 110 NTU yang diterapkan menggunakan kontroler PID. Untuk menetralkan air asam, digunakan bahan kimia Natrium Hidroksida(NaOH) dengan konsentrasi 0,07 M(Molaritas). Sedangkan untuk menetralkan air basa, digunakan asam asetat(CH3COOH) dengan konsentrasi 0,06M.

Kata kunci : Water treatment, sensor pH, sensor turbiditas, motor servo, PID(Proporsional-Integral-Diferensial).

Article Details

How to Cite
Syahputra, S., Santosa, H., & Hadi, F. (2019). Perancangan Sistem Pengontrolan Water Treatment Menggunakan Kontrol PID. JURNAL AMPLIFIER : JURNAL ILMIAH BIDANG TEKNIK ELEKTRO DAN KOMPUTER, 9(1), 26–31. https://doi.org/10.33369/jamplifier.v9i1.15398

References

  1. DAFTAR PUSTAKA
  2. International Standards Organization. (1999). “ Water Quality-Determination of Turbidity”. ISO 7027, Geneva, Switzerland.
  3. Rahmadiansyah. (2015). “Pengontrolan water treatment kejernihan dan ph skala rumah tangga”. Bengkulu: Universitas Bengkulu.
  4. Susanto, Diko. 2014. Alat Penyaringan Air Kotor Menjadi Air Bersih Menggunakan Mikrokontroller Atmega 32. Program Studi Teknik Informatika Fakultas Ilmu Komputer Universitas Dehasen Bengkulu.
  5. Raka ,siwi (2018).“Perancangan system pengontrolan water treatment pada tingkat kejernihan dan pH air untuk usaha tahu”. Bengkulu: Universitas Bengkulu.
  6. Bayu ,darmawan (2018). “Rancang bangun alat pendeteksi keasaman (pH) air dengan SMS Gateaway, GPS dan ioT”. Bengkulu: Universitas Bengkulu