Main Article Content

Abstract

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2009 Tentang Penerbangan dan Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2011 Tentang Peraturan Keselamatan Penerbangan Sipil Part 171 (Civil Aviation Safety Regulation Part 171) tentang Penyelenggara Jasa Telekomunikasi Penerbangan (Aeronautical Telecommunication Service Provider) ) sebagaimana telah diubah terakhir dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 38 Tahun 2014 yang menyatakan bahwa jasa komunikasi penerbangan terdiri atas jasa siaran penerbangan, jasa penerbangan tetap, dan jasa penerbangan bergerak yang menunjang pelayanan lalu lintas penerbangan serta sistem lain yang mengolah atau menampilkan penerbangan. data panduan lalu lintas dan kondisi cuaca pada penerbangan. ATIS (Automatic Terminal Information Service) merupakan alat yang digunakan untuk memberikan informasi seperti cuaca, landasan aktif, dan informasi lain yang dibutuhkan pilot pada saat lepas landas atau mendaratkan pesawat. Informasi ini disiarkan dan dikirimkan setiap saat untuk mengurangi kesibukan komunikasi di radio penerbangan. Manurung, AP, Saragih, Y., & Adzilla, WN (2021). Dalam pelaksanaan kegiatan On the Job Training (OJT) yang kedua di LPPNPI Cabang Palembang terdapat beberapa permasalahan yang peneliti hadapi, salah satunya permasalahan yang dikemukakan peneliti yaitu pesawat tidak menerima siaran informasi cuaca dari peralatan ATIS karena sistem server PC mengalami kesalahan. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan fokus pada studi kasus yang mencakup kegiatan proses penelitian. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menganalisis langkah-langkah yang dilakukan pada saat perbaikan peralatan ATIS, sehingga peralatan tersebut dapat memberikan informasi siaran cuaca kepada pilot secara normal kembali.

Keywords

komunikasi penerbangan, ATIS, Siaran Cuaca, System Pylot

Article Details

How to Cite
Rahmadani, E. T. R., Wildan, M., & Azka, M. (2024). The Analisis Perbaikan Peralatan Pada Sistem Server Atis Pylot Berupa Broadcast Data Cuaca Yang Tidak Diterima Oleh Pesawat . JURNAL AMPLIFIER : JURNAL ILMIAH BIDANG TEKNIK ELEKTRO DAN KOMPUTER, 14(1), 56–60. https://doi.org/10.33369/jamplifier.v14i1.33726

References

  1. Pusdatin. (nd). PM 38 TAHUN 2014. Jaringan Dokumentasi Dan Informasi Hukum Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. https://jdih.dephub.go.id/peraturan/detail?data=7MdcCtl3rmbCQZ6JR8dy 1i4PYfQ9v8wfg4UrPx3g9dQI8cMLxDk7iTq4JCApIR2dpU4q6fZvPLVq Q48aidZYtSbB8gldP8hsf8G8MOHS68q5pdC 7Sddw5eQSH4PW1VtDRk 1P5K7hQ9ZMXYa1vS5ntuUn17
  2. Manurung, AP, Saragih, Y., & Adzilla, WN (2021). Analisis Sistem Kerja (MENTERI PERHUBUNGAN REPUBLIK INDONESIA, 2016) ATIS (Automatic Terminal Information Service) di AIRNAV Cabang Medan. JREC (Jurnal Listrik dan Elektronika), 9(1), 9-14.
  3. Ahmadar, M., Perwito, P., & Taufik, C. (2021). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web pada Rahayu Photo Copy dengan Database MySQL. Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, 10(4), 284-289.
  4. Saputra, A. (2012). Manajemen basis data MySQL pada situs ftp lapan bandung. Berita Dirgantara, 13(4).
  5. Pusat Puti. (2023, 10 Mei). OpenSUSE OS: Pengertian, Sejarah, Jenis, Kelebihan dan Kekurangan. Direktorat https://it.telkomuniversity.ac.id/opensuse-os-pengertian-sejarah-jenis kelebihan-dan-kekurangan/ Teknologi Informasi.