Main Article Content
Abstract
Manfaat kegiatan PPM ini adalah; (1) guru akan bertambah wawasan dan memperoleh informasi-informasi terbaru dalam mendukung kompetensi pedagoginya; (2) guru akan bertambah wawasan dan memperoleh informasi-informasi terbaru dan lebih lengkap dalam menyusun instrumen penilaian sikap; (3) guru dapat menggunakan karyanya untuk kenaikan pangkat; (4) insrumen yang dibuat dapat direkayasa sebagai suatu karya ilmiah; (5) mengoptimalkan kompetensi SDM dosen FKIP Unib, dalam melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi dan mengoptimalkan kemampuan literasi guru dalam bidang penilaian sikap materi PKn
Kegiatan yang telah dilaksanakan adalah; kegiatan pelatihan berjalan sebagaimana yang direncanakan. Guru yang hadir sebanyak 15 orang, selama kegiatan malaksanakan protokol pandemi covid-19. Melalui kegiatan PPM ini, guru telah bertambah pengetahuan dan wawsan secara konseptual tentang penilaian Autentik K13. Namun Kegiatan PPM ini belum mampu menjadikan guru to be dalam membuat penilaian sikap, baru sebatas to know saja, sehingga dapat dikatakan mereka belum terampil mengembangakan instrumen penilai sikap secara terprogram sesuai dengan konsep cara pengembangan penilaian sikap
Kata kunci : penilaian, sikap, belajar di rumah
Article Details
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
References
- Prastowo Andi; 2015. Menyusun Rencana Pelaksanan Pembelajaran (RPP) Tematik Terpadu, Implementasi Kurikulum 2013 untuk SD/MI. Jakarta: Predanamedia Group.
- Zabaedi. 2015. Desain Pendidikan Karakter, Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Predanamedia Group.
- Wahab Abdul Aziz, Sapriya; 2011. Teori & Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung Alfabeta.
- Zamzaili; 2010. Konsep Dasar Penilaian Pendidikan. Bengkulu: Unib Press.
- Yaumi Muhammad. 2013. Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran disesuaikan dengan Kurikulum 2013. Jakarta: Predanamedia Group.
References
Prastowo Andi; 2015. Menyusun Rencana Pelaksanan Pembelajaran (RPP) Tematik Terpadu, Implementasi Kurikulum 2013 untuk SD/MI. Jakarta: Predanamedia Group.
Zabaedi. 2015. Desain Pendidikan Karakter, Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Predanamedia Group.
Wahab Abdul Aziz, Sapriya; 2011. Teori & Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung Alfabeta.
Zamzaili; 2010. Konsep Dasar Penilaian Pendidikan. Bengkulu: Unib Press.
Yaumi Muhammad. 2013. Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran disesuaikan dengan Kurikulum 2013. Jakarta: Predanamedia Group.