Isi Artikel Utama
Abstrak
Pendidikan karakter berbasis budaya lokal diharapkan dapat memberikan solusi dalam menghadapi degradasi moral di kalangan remaja khususnya dan bangsa umumnya. Pendidikan karakter berbasis budaya lokal merupakan pengembangan dari kurikulum untuk merespon berbagai tantangan internal dan eksternal berkaitan dengan karakter. Sekolah yang menjadi sasaran SDN 32 Kabupaten Benteng dan sekolah sekitarnya dengan guru berjumlah 15 orang . Pelatihan dilaksanakan dengan menggunakan metode ceramah, demontrasi, tanya jawab serta menayangkan materi melalui media power point .Evaluasi kegiatan dilakukan untuk melihat adanya peningkatan kemampuan guru dalam menggali dan menerapkannya dalam RPP di lingkungan satuan pendidikan. Adapun Teknik evaluasi dengan cara Tes lisan dan tertulis yang dilakukan saat proses pelatihan berlangsung juga setelah kegiatan berakhir serta mengadakan visitasi, observasi dan pendampingan ke sekolah yang mengalami masalah dalam menerapkan pendidikan karakter sehingga dapat membantu keberhasilan implementasi hasil pelatihan. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman para peserta yang sangat berarti. Peserta dapat menggali nilai moral karakter anak berbasis budaya lokal di lingkunganya dengan baik dan benar, serta memahami Jenis nilai moral karakter berbasis budaya lokal yang dibinakan kepada anak di lingkungan sekolah, juga mampu menyusun rencana kegiatan pembelajaran yang mendukung penanaman nilai-nilai karakter berbasis budaya lokal.
Kata kunci : Karakter, budaya lokal.
Rincian Artikel
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Referensi
- Abdul Azis Wahab dan Sapriya, 2011. Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan,
- Bandung: Alfabeta.
- Dharma Kesuma dkk., 2011. Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah.
- Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
- Dolph, Katie and Lycan, Angela, 2008. Moral Reasoning: A necessary Standard of Learning
- in Today’s Classroom. Journal of Cross Disciplinary Perspectives in Education, Vpl.
- , No 1 (May 2008)
- Krech, David Et all, 1982. Individual in Society, London: McGraw Hill International Book
- Company.
- Lipe, David (2010). A Critical Analisis of Values Clarification. Montgomery (USA):
- Apologetic Press, Inc.
- Superka, et all.,1976. Values education sourcebook. Colorado: Social Science Education
- Consortium, Inc.
- White, Robert, 2010. Building Schools of Character: The Development, Implementation,
- and Evaluation of School-Based Character Education Programme Designed to
- Prmote Cooperative Learning and Reduce Anti-Social Behavior, Durham theses,
- Durham University. Available at Durham E-Theses Online:
- http://etheses.dur.ac.uk/180
Referensi
Abdul Azis Wahab dan Sapriya, 2011. Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan,
Bandung: Alfabeta.
Dharma Kesuma dkk., 2011. Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah.
Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Dolph, Katie and Lycan, Angela, 2008. Moral Reasoning: A necessary Standard of Learning
in Today’s Classroom. Journal of Cross Disciplinary Perspectives in Education, Vpl.
, No 1 (May 2008)
Krech, David Et all, 1982. Individual in Society, London: McGraw Hill International Book
Company.
Lipe, David (2010). A Critical Analisis of Values Clarification. Montgomery (USA):
Apologetic Press, Inc.
Superka, et all.,1976. Values education sourcebook. Colorado: Social Science Education
Consortium, Inc.
White, Robert, 2010. Building Schools of Character: The Development, Implementation,
and Evaluation of School-Based Character Education Programme Designed to
Prmote Cooperative Learning and Reduce Anti-Social Behavior, Durham theses,
Durham University. Available at Durham E-Theses Online: