Main Article Content

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini secara umum bertujuan untuk memberikan Pembinaan Guru Melalui Pelatihan Penerapan Model Pembelajaran Yusrisprudensial untuk Peningkatan Profesionalitas Guru-Guru SD Negeri di Kecamatan Muara Bangkahulu Kota Bengkulu. Adapun tujuan secara khusus adalah untuk meningkatkan penguasaan (pemahaman) konsep guru-guru tentang model pembelajaran model pembelajaran yusrisprudensial, dan meningkatkan keterampilan guru-guru dalam menerapkan Model Pembelajaran Yusrisprudensial. Peserta pelatihan adalah guru-guru Sekolah Dasar di Kecamatan Muara Bangkahulu yang berjumlah 30 orang. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah identifikasi kebutuhan dengan observasi dan wawancara, orientasi konsep atau materi dengan ceramah bervariasi, latihan penyusunan RPP dan simulasi mengajar dengan praktik langsung, monitoring dan evaluasi, serta refleksi. Hasil pengabdian kepada masyarakat ini secara umum berhasil dengan baik, yaitu dapat meningkatkan penguasaan (pemahaman) konsep guru-guru tentang model pembelajaran yusrisprudensial sebanyak 78%, dan meningkatkan keterampilan guru-guru dalam menerapkan model pembelajaran yurisprudensial sebanyak 83%. Dari hasil pengabdian ini dapat disarankan bahwa perlu dilakukan pelatihan “trainer of trainer atau TOT” dan sosialisasi ke guru-guru sekolah dasar yang lain tentang model pembelajaran yurisprudensial.

Kata kunci: model pembelajaran yurisprudensial, profesionalitas guru

Article Details

How to Cite
Sahono, B., & Agustina, E. (2021). Pembinaan Guru Melalui Pelatihan Penerapan Model Pembelajaran Yusrisprudensial Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru-Guru SD Negeri Di Kecamatan Muara Bangkahulu Kota Bengkulu. Jurnal Abdi Pendidikan, 2(2), 74 –. https://doi.org/10.33369/abdipendidikan.2.2.74 – 81

References

  1. Lie, Anita. 2008. Cooperative Learning. Jakarta: PT.Grasindo.
  2. Lie, Anita. 2005. Cooperative Learning, Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.
  3. Miarso, Yusuf Hadi. 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Pustekkom Diknas
  4. Ngalimun. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Banjarmasin: Aswaja.
  5. Usman, Moh. Uzer, Menjadi Guru Profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000.
  6. Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran, Jakarta: Rajawali Pers.
  7. Said, Budimanjaya. 2015. 95 Strategi Mengajar Multiple Intelligences. Jakarta: Kencana
  8. Sardiman. 2014. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
  9. Slavin. R. 1997. Cooperative Learning. Second Edition. Allyn & Bacon. A Simon & Aschuster Company.
  10. Sudjana, Nana. 1989. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensido Offset
  11. Suryosubroto. 2009. Proses Belajar mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
  12. Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.