Main Article Content

Abstract

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberi pelatihan cara mengolah data statistik kepada guru dengan bantuan program komputer Materi statistika ini memberikan pemahaman tentang konsep hubungan, perbedaan dan peningkatan dari dua variable. Penerapan konsep statistika ini pada penelitian tindakan kelas guna mengetahui perbedaan tes awal dengan postes, mengetahui adanya peningkatan dari setiap siklus. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan di SMAN 8 kota Bengkulu, dalam bentuk: ceramah, diskusi dan latihan latihan dalam menyelesaikan berbagai bentuk persoalan yang berhubungan dengan penelitian tindakan kelas. Pelatihan diawali dengan mendalami materi rumus statistika t-tes dan cara menghitungnya secara manual, kemudian dilanjutkan menghitungnya menggunakan komputer excel dan spss. Perbandingan hasil perhitungan statistika secara manual dan menggunakan komputer memberikan hasil yang sama. Dari hasil kerja kelompok menunjukkan bahwa guru sudah dapat mengolah data statistik dengan baik dan benar menggunakan komputer excel dan spss untuk penelitian tindakan kelas.

Kata Kunci : Pelatihan, Statistika, Komputer

Article Details

How to Cite
Zamzaili, Z., Swita, B., & Lusiana, D. (2021). Pelatihan Pendalaman Materi Statistika Untuk Penelitian Pendidikan Berbantuan Komputer Bagi Guru SMA Kota Bengkulu. Jurnal Abdi Pendidikan, 2(2), 82 –. https://doi.org/10.33369/abdipendidikan.2.2.82 – 87

References

  1. Agus Tri Basuki, 2014. Penggunan Statistik dalam SPSS, Yogyakarta, Penerbit Danisa Media Sleman
  2. Budiwanto, S, 2017. Metode Statistika Untuk Mengolah Data, Malang, Penerbit FIK Universitas Negeri Malang
  3. Dadan Rosana & Didik Setyawarno. 2016. Statistik Terapan untuk Penelitian Bidang Pendidikan. Yogyakarta: FMIPA UNY
  4. Depdikbud , Permendiknas No.16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik Dan Kompetensi Guru
  5. Lind, A. Dauglass, William G. Marchal and Robert D. Mason, (2002). Statistical Techniques in Business & Economics. McGraw-Hill Irwin.
  6. Preiner, J. 2008. “Introducing Dynamic Mathematics Software to Mathematics Teachers: the Case of GeoGebra.” Unpublished Doctoral dissertation inMathematics Education. Faculty of Natural Sciences, Salzburg: University ofSalzburg, Austria