Main Article Content
Abstract
Tujuan dari kegiatan ini untuk memberikan bimbingan dan pendampingan para guru dalam penulisan PTK di SMK 7 Sarolangun. Jumlah peserta yang hadir 32 orang, Metode yang dilakukan dalam kegiatan ini adalah Workshop dan kegiatan terbimbing ( On servis training ) .Kegiatan ini dilakukan selama 3 bulan dengan tahapan 1) melakukan survai pendahuluan,2) melakukan pelatihan /workshop 3) melakukan bimbingan dan pendampingan dalam penyusunan proposal
Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah 89 % guru sudah memahami langkah langkah atau tahapan menyususn proposal PTK dengan baik dan benar 2) guru mampu menyusun rancangan proposal 3) guru mempunyai motivasi yang baik untuk melakukan penelitian tindakan kelas dan menulis laporan. Hasil penelitian tindakan kelas menjadi acuan untuk perbaikan pembelajaran dan dapat menumbuhkan keprofesinal yang berkelanjutan
Kata Kunci : pelatihan, keprofesional berkelanjutan, Penelitian tindakan kelas
Article Details
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
References
- Al Jatila, L. O. R. (2015). MeningkatkanKeterampilanMenulisKaranganDeskriptifMelalui ModelKooperatifTipe Round Table Pada Siswa Kelas X-1 SMAN 1 Kulisusu Barat. JurnalHumanika, 3(15), 14.
- Haryati, S., Sukarno, S., &Siswanto, S. (2021). StrategiPengembanganKeprofesianBerkelanjutan (PKB). Transformasi dan Inovasi :JurnalPengabdian Masyarakat, 1(1), 18–23.
- Herianto, A., Ali, I., Arif, A., &Khosiah, K. (2019). PelatihanPenulisanPenelitianTindakan Kelas Bagi Guru MTs Dan Mi DarulMasakinDesaBilelando Lombok Tengah.JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 3(1), 58. https://doi.org/10.31764/jmm.v3i1.922
- Mahmud, H. (2017). UpayaMeningkatakanKeterampilanMenulisDengan Teknik RCG (RekaCerita Gambar) Pada Siswa Kelas VI SDN RengkakKecamatanKopang, Kabupaten. Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018. JISIP: JurnalIlmuSosial Dan Pendidikan, 1(1), 32–46. http://dx.doi.org/10.36312/jisip.v1i2.178
- Nuryanta, N. (2016). Lesson Study SebagaiSaranaMeningkatkanKualitas Dan ProfesionalitasPembelajaran. Millah, XIV(2), 91–118. https://doi.org/10.20885/millah.volXIV.iss2.art5
- Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalamMeningkatkanMotivasiBelajarPesertaDidik. JurnalKependidikan, 5(2), 216–232. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939
- Permendiknas. (2010). Nomor 35 Tahun 2010 TentangPetujukTeknispelaksanaanjabatanfungsional guru dan angkakreditnya. Kementerian Pendidikan Nasional.
- PP. (2005). PeraturanPemerintahNomor 19 Tahun 2005 tentangStandarNasional Pendidikan.Republik Indonesia.
- Widyaningsih, S. W., Yusuf, I., &Damopolii, I. (2019). PelatihanPenelitianTindakan Kelas Bagi Guru IpaKabupatenManokwari Papua Barat. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 115. https://doi.org/10.31764/jmm.v0i0.1155
References
Al Jatila, L. O. R. (2015). MeningkatkanKeterampilanMenulisKaranganDeskriptifMelalui ModelKooperatifTipe Round Table Pada Siswa Kelas X-1 SMAN 1 Kulisusu Barat. JurnalHumanika, 3(15), 14.
Haryati, S., Sukarno, S., &Siswanto, S. (2021). StrategiPengembanganKeprofesianBerkelanjutan (PKB). Transformasi dan Inovasi :JurnalPengabdian Masyarakat, 1(1), 18–23.
Herianto, A., Ali, I., Arif, A., &Khosiah, K. (2019). PelatihanPenulisanPenelitianTindakan Kelas Bagi Guru MTs Dan Mi DarulMasakinDesaBilelando Lombok Tengah.JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 3(1), 58. https://doi.org/10.31764/jmm.v3i1.922
Mahmud, H. (2017). UpayaMeningkatakanKeterampilanMenulisDengan Teknik RCG (RekaCerita Gambar) Pada Siswa Kelas VI SDN RengkakKecamatanKopang, Kabupaten. Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018. JISIP: JurnalIlmuSosial Dan Pendidikan, 1(1), 32–46. http://dx.doi.org/10.36312/jisip.v1i2.178
Nuryanta, N. (2016). Lesson Study SebagaiSaranaMeningkatkanKualitas Dan ProfesionalitasPembelajaran. Millah, XIV(2), 91–118. https://doi.org/10.20885/millah.volXIV.iss2.art5
Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalamMeningkatkanMotivasiBelajarPesertaDidik. JurnalKependidikan, 5(2), 216–232. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939
Permendiknas. (2010). Nomor 35 Tahun 2010 TentangPetujukTeknispelaksanaanjabatanfungsional guru dan angkakreditnya. Kementerian Pendidikan Nasional.
PP. (2005). PeraturanPemerintahNomor 19 Tahun 2005 tentangStandarNasional Pendidikan.Republik Indonesia.
Widyaningsih, S. W., Yusuf, I., &Damopolii, I. (2019). PelatihanPenelitianTindakan Kelas Bagi Guru IpaKabupatenManokwari Papua Barat. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 115. https://doi.org/10.31764/jmm.v0i0.1155