Main Article Content

Abstract

Tujuan dari kegiatan ini untuk memberikan bimbingan dan pendampingan para guru dalam penulisan PTK di SMK 7 Sarolangun. Jumlah peserta yang hadir 32 orang, Metode yang dilakukan dalam kegiatan ini adalah Workshop dan kegiatan terbimbing ( On servis training ) .Kegiatan ini dilakukan selama 3 bulan dengan tahapan  1) melakukan survai pendahuluan,2) melakukan pelatihan /workshop 3) melakukan bimbingan dan pendampingan dalam penyusunan proposal

Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah 89 % guru sudah memahami langkah langkah atau tahapan  menyususn proposal  PTK  dengan baik dan benar 2) guru mampu menyusun rancangan proposal 3) guru mempunyai motivasi yang baik untuk melakukan penelitian tindakan kelas dan menulis laporan. Hasil penelitian tindakan kelas menjadi acuan untuk perbaikan pembelajaran dan dapat  menumbuhkan keprofesinal yang berkelanjutan

 

 Kata Kunci : pelatihan, keprofesional berkelanjutan, Penelitian tindakan kelas

Article Details

How to Cite
Suratno, S., Harjono, H. S., Wachyuni, S., & Yantoro, Y. (2021). Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan (PKB) Melalui Pelatihan Penulisan Penelitian Tindakan Kelas pada Masa Pandemi. Jurnal Abdi Pendidikan, 2(2), 92 –. https://doi.org/10.33369/abdipendidikan.2.2.92 – 98

References

  1. Al Jatila, L. O. R. (2015). MeningkatkanKeterampilanMenulisKaranganDeskriptifMelalui ModelKooperatifTipe Round Table Pada Siswa Kelas X-1 SMAN 1 Kulisusu Barat. JurnalHumanika, 3(15), 14.
  2. Haryati, S., Sukarno, S., &Siswanto, S. (2021). StrategiPengembanganKeprofesianBerkelanjutan (PKB). Transformasi dan Inovasi :JurnalPengabdian Masyarakat, 1(1), 18–23.
  3. Herianto, A., Ali, I., Arif, A., &Khosiah, K. (2019). PelatihanPenulisanPenelitianTindakan Kelas Bagi Guru MTs Dan Mi DarulMasakinDesaBilelando Lombok Tengah.JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 3(1), 58. https://doi.org/10.31764/jmm.v3i1.922
  4. Mahmud, H. (2017). UpayaMeningkatakanKeterampilanMenulisDengan Teknik RCG (RekaCerita Gambar) Pada Siswa Kelas VI SDN RengkakKecamatanKopang, Kabupaten. Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018. JISIP: JurnalIlmuSosial Dan Pendidikan, 1(1), 32–46. http://dx.doi.org/10.36312/jisip.v1i2.178
  5. Nuryanta, N. (2016). Lesson Study SebagaiSaranaMeningkatkanKualitas Dan ProfesionalitasPembelajaran. Millah, XIV(2), 91–118. https://doi.org/10.20885/millah.volXIV.iss2.art5
  6. Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalamMeningkatkanMotivasiBelajarPesertaDidik. JurnalKependidikan, 5(2), 216–232. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939
  7. Permendiknas. (2010). Nomor 35 Tahun 2010 TentangPetujukTeknispelaksanaanjabatanfungsional guru dan angkakreditnya. Kementerian Pendidikan Nasional.
  8. PP. (2005). PeraturanPemerintahNomor 19 Tahun 2005 tentangStandarNasional Pendidikan.Republik Indonesia.
  9. Widyaningsih, S. W., Yusuf, I., &Damopolii, I. (2019). PelatihanPenelitianTindakan Kelas Bagi Guru IpaKabupatenManokwari Papua Barat. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 115. https://doi.org/10.31764/jmm.v0i0.1155