Main Article Content

Abstract

Telah dilakukan kegiatan pengabdian pada masyarakat yang bertujuan untuk mengadakan Pelatihan Pengembangan E-Modul Berbasis Scaffolding  Pada Materi Listrik Statis di SMAN 10 Seluma. Metode Kegiatan menggunakan RPA (Participatory Rural Appraisal) adalah pendekatan dan metode yang memungkinkan masyarakat secara bersama-sama menganalisis masalah kehidupan dalam rangka merumuskan perencanaan dan kebijakan secara nyata. Bentuk kegiatan ini berupa pelatihan atau workshop yang di ikuti oleh 20 orang guru SMAN 10 Seluma. Dari hasil pengabdian ini hampir seluruh guru yang mengikuti kegiatan ini antusias dan dapat menyerap materi yang diberikan dengan baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kegiatan pelatihan ini berjalan sesuai dengan tujuan yang diinginkan dan dapat ditindakljuti untuk program pengabdian berikutnya.

Kata Kunci : e-modul, Scaffolding, Listrik Statis

Article Details

How to Cite
Purwanto, A., Lubis, I. S., & Putri, D. H. (2021). Pelatihan Pengembangan E-Modul Berbasis Scaffolding Pada Materi Listrik Statis di SMAN 10 Seluma. Jurnal Abdi Pendidikan, 2(2), 111–116. https://doi.org/10.33369/abdipendidikan.2.2.111 - 116

References

  1. Aprilia, Sinta, Prihandono, T. Y. (2018). Pengembangan Modul Usaha dan energi berbasis elektronik di SMA. Seminar Nasional Pendidikan Fisika 2018, 3.
  2. Helna satriawati, H. (2016). Pengembangan E-Modul Interaktif Sebagai Sumber. E-Jurnal Universitas Yogyakarta, 6(3), 188–196.
  3. Jamun, Y. M. (2018). Dampak teknologi terhadap pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 10(10), 48–52.
  4. Pratama, R. A., & Saregar, A. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Scaffolding Untuk Melatih Pemahaman Konsep. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 02(1), 84–97.
  5. Purwahida, R. (2018). Problematika Pengembangan Modul Pembelajaran Baca Tulis Anak Usia Sekolah Dasar. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1), 127–137. https://doi.org/10.21009/aksis.020108
  6. Purwaningtyas, W. D. D., & Hariyadi, I. (2017). Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Online Dengan Program Edmodo. Jurnal Pendidikan, 2(1), 123, 121–129. journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/download/8471/4100
  7. Solihudin, T. (2018). Pengembangan e-modul berbasis web untuk meningkatkan pencapaian kompetensi pengetahuan fisika pada materi listrik. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika, 3(2), 51–61.
  8. Suarsana, M. (2013). Pengembangan E-Modul Berorientasi Pemecahan Masalah. Jurnal Pendidikan Indonesia |, 2(2), 264–275.
  9. Wakhidah, N., Ibrahim, M., & Agustini, R. (2016). Scaffolding Pendekatan Saintifik: Strategi Untuk Menerapkan Pendekatan Saintifik Dengan Mudah.