Main Article Content

Abstract

The purpose of this activity is to improve the skills of teachers in overcoming problems of early reading, as well as provide understanding, abilities and skills of teachers using the SAS method. This activity was attended by the principal and teachers of SDN 189/I Olak Kemang. The method used is in the form of providing information, sharing reading problems, introducing the SAS method and practicing the application of the SAS method. The results of this study indicate that 1) The teacher understands the steps in applying the SAS method in pre-reading reading for students. 2) Teachers can apply the SAS method directly through direct simulation. 3) The creation of an interactive training atmosphere between the service team, as well as between activity participants. 4) The teacher understands one way to solve the problem of low reading at the beginning by using the Structural Analytic Synthetic (SAS) method. In addition, from the implementation/simulation exercise activities, it appears that of the 12 participants of this training activity, 9 people (75%) have been able to apply the steps of the SAS method.

 

Keywords: Teaching, Reading, SAS

 

Tujuan kegiatan ini adalah untuk menguatkan keterampilan guru-guru dalam mengatasi permasalahan membaca permulaan siswa serta memberikan  pemahaman, kemampuan dan keterampilan guru-guru menggunakan metode SAS. Kegiatan ini diikuti oleh kepala sekolah serta guru-guru SDN 189/I Olak Kemang. Metode yang digunakan berupa pemberian informai, Sharing permasalahan Membaca, Pengenalan Metode SAS dan Latihan Menerapkan Metode SAS. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Guru memahami langkah-langkah dalam menerapkan metode SAS dalam mengajarkan membaca permulaan bagi siswa. 2) Guru dapat menerapkan metode SAS  secara langsung  melalui simulasi secara langsung. 3) Terciptanya suasana pelatihan yang interaktif antara tim pengabdian, maupuna antar peserta kegiatan. 4) Guru memahami salah satu cara dalam memecahkan masalah rendahnya membaca permulaan dengan menggunakan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS). Selain itu dari kegiatan latihan penerapan/simulasi tanpak bahwa dari 12 peserta kegiatan pelatihan ini, 9 orang (75%) sudah mampu menerapkan langkah metode SAS.

 

Kata kunci: Mengajar, Membaca, SAS

Article Details

How to Cite
Maryono, M., & Budiono, H. (2021). Pelatihan Penguatan Keterampilan Mengajar Membaca Permulaan menggunakan Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) bagi Guru di SDN 189/I Olak Kemang. Jurnal Abdi Pendidikan, 2(2), 131–137. https://doi.org/10.33369/abdipendidikan.2.2.131 - 137

References

  1. Dewi, J. K., Suwarta. I. W., dan Arini. N.W. (2014). Penggunaan Metode Struktur Analitik Sintetik (SAS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Menulis Permulaan Pada Siswa Kelas 1 SD Negeri 7 Bungkulan. e-Journal MIMBAR PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD. Vol. 2 (1) pp 1-10
  2. Hadhiyanti, N.M. (2015). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Sas (Struktur Analitik Sintetik) Bagi Anak Berkesulitan Belajar Membaca Di SDN Bangunrejo 2 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Luar Biasa. Vol 1 (2) pp 1-12.
  3. Hidayah, N. dan Novita. (2016). Peningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Metode Struktur Analitik Sintetik (SAS) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Peserta Didik Kelas II C Semester II Di MIN 6 Bandar Lampung T.A 2015/2016. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar. Vol 3 (2) pp 84-102.
  4. Jamaris. (2014). Kesulitan Belajar bagi Anak Usia Dini dan Usia Sekolah. Bogor: Ghalia Indonesia
  5. Marlina. (2014). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaam dengan Menggunakan Metode SAS Siswa Kelas 1 SDN Ambunu Kecamatan Bungku Barat Kabupaten Morowali. Jurnal Kreatif Tandulako Online. Vol 2 (1) pp 15-27
  6. Somadayo, S. (2011). Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu.