Main Article Content

Abstract

Tujuan dilaksanakannya kegiatan PKM ini untuk mengembangkan kemampuan guru dalam memahami pembelajaran inovatif serta mampu menyusun rancangan pembelajaran inovatif abad 21. Sekolah yang menjadi sasaran SDN 78 Kabupaten Benteng dengan  guru berjumlah 15 orang . Pelatihan dilaksanakan dengan menggunakan metode ceramah, demontrasi, tanya jawab serta menayangkan materi melalui media power point yang menggambarkan pembelajaran inovatif di era revolusi industri 4.0. serta rancangan pembelajaran yang harus disiapkan.  Adapun Teknik evaluasi dengan cara: (a) Tes lisan dan tertulis yang dilakukan saat awal kegiatan, proses pelatihan berlangsung juga setelah kegiatan berakhir; (b) Mengadakan visitasi, dan pendampingan ke beberapa sekolah yang mengalami masalah dalam menerapkan perankat pembelajaran inovatif abad 21 sehingga dapat membantu keberhasilan implementasi hasil pelatihan. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan kemampuan peserta dari aspek wawasan dan kinerja dalam menyusun RPP Inovatif, hal ini terlihat dari hasil Preetes rata rata nilai 6,4 meningkat menjadi nilai 9,2 hasil pos tes serta di buktikan juga dengan kinerja dalam menyusun RPP Inovatif.

Kata kunci: RPP, Inovatif, Abad 21

Article Details

How to Cite
Juarsa, O., Resnani, R., & Yuliantini, N. (2022). Pengabdian Kepada Masyarakat Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Inovatif Abad 21 Pada Guru di SDN 78 Bengkulu Tengah. Jurnal Abdi Pendidikan, 3(1), 1–6. https://doi.org/10.33369/abdipendidikan.3.1.1-6

References

  1. Abidin, Y., (2014), Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013, Bandung: PT. Refika Aditama.
  2. Nurdiansyad, widodo. (2017). Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Gava Media.
  3. Dasna, I.W., (2015) Desain dan Model Pembelajaran Inovatif dan Interaktif. In: Hakikat Pembelajaran Inovatif dan Interaktif. Universitas Terbuka, Jakarta
  4. Hariyanto, F.A. (2014). Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa dalam Mengembangkan RPP Berdasarkan Kurikulum 2013 dengan Menggunakan “Bloom’s Taxonomy Cognitive Domain Learning Stages” pada Mahasiswa Semester VI FKIP Bahasa Inggris Universitas Kanjuruhan Malang. Jurnal Inspirasi Pendidikan.
  5. Hartini, A., (2017), Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikr Kritis Siswa Sekolah Dasar, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, Vol. 1, No. 2, hal: 7-16.
  6. Hidayati . (2017). Guru Profesional (Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Sukses dalam Sertifikasi Guru). Jakarta: Raja Grafindo Persada
  7. Miyarso, E., (2019), Modul 4 Perancangan Pembelajaran Inovatif. Jakarta:
  8. Kemdikbud.
  9. Dick and Carey , (2005). Efective Teaching, Teori dan Aplikasi, Cet. I. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  10. Rusman. (2016). Pembelajaran Tematik Terpadu Teori, Praktik dan Penilaian Jakarta: Rajawali Pers
  11. Undang Undang no 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas, Sekretarian Negara, Jakarta