Main Article Content

Abstract

Tujuan pelatihan ini adalah agar guru dapat bertindak bukan hanya sebagai pelaksana kurikulum tapi juga sebagai perencana kurikulum. Masalahnya adalah, sebagai perencana kurikulum, bagaimana guru dapat memiliki kemampuan menerapkan Model Pengembangan Instruksional (MPI) dalam desain pembelajaran bidang studi yang diampunya agar implementasi kurikulum efektif-efisien dan representatif potensi lokal. Solusinya pelatihan dengan metode orientasi, workshop dan presentasi- umpanbalik. Khalayak sasaran guru bidang studi di SMAN 8 Kota Bengkulu. Hasil pelatihan adalah kemampuan guru menghasikan produk analisis instruksional, silabus pembelajaran dan Rencana Pelaksanaan Pembejaran untuk bidang studi yang diampunya.

Kata Kunci : MPI, Bidang Studi, Analisis Instruksional

Abstract

The aim of this training is for teachers to act not only as curriculum implementers but also curriculum planners. The problem is as curriculum planners, how they can  have  the  ability  to  apply  an  instructional development model in the learning design of their field of study so that the implementation of the curriculum is effective-efficient,  and  it  can  represent the local potential. The solution is by conducting a training with orientation methods,  workshops,  and  feedback  presentations.  The  target  audience  of this training is teachers at SMAN 8 Bengkulu City. The result of the training is that the teachers can produce instructional analysis  products,  syllabus, lesson plans for the field of study they are teaching.

Key words: MPI, field of study, instructional analysis

Article Details

How to Cite
Alexon, A., & Kurniawan, I. (2022). Penggunaan Model Pengembangan Instruksional (MPI) Untuk Desain Pembelajaran Bidang Studi. Jurnal Abdi Pendidikan, 3(1), 7–14. https://doi.org/10.33369/abdipendidikan.3.1.7-14

References

  1. Gagne, R. M., Briggs, L. J. And Wager, W. W. (1992). Principles of Instructional Design. Orlando : Holt, Rinehard and Winston, Inc.
  2. Pribadi, B. A. (2009). Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta : PT Dian Rakyat.
  3. Pribadi, B.A. (2014). Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi. Jakarta : Kencana Prenada Media Group
  4. Shambaugh, N. and Magliaro, S. Q. (2006). Instructional Design : A Systematic Approach for Reflective Practice. Boston : Pearson Education, Inc.,
  5. Suparman, A. (1991). Desain Instruksional. Jakarta : PAU PPAI UT
  6. Twelker, P. A., Urbacch, F. D., and Buck, J. E. (1972). Systematic Development of Instruction. Stanford : ERIC Clearinghouse on Media and Technology
  7. Zook, K. (2001). Instructional Design for Classroom. Teaching and Learning. Boston : Houghton Mifflin