Main Article Content

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru mitra tentang: (1) perencanaan  LKPD berbasis proyek untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. (2) pelaksanaan pembelajran menggunakan LKPD berbasis. (3) penilaian berbasis proyek dan berpikir kreatif siswa. Sasaran kegiatan yakni guru di SD Islam Al-Azhar 51 Kota Bengkulu yang berjumlah 19 orang. Kegiatan ini dilaksanakan dengan metode   observasional dan modelling dengan empat fase, yaitu: fase perhatian, retensi, reproduksi, dan motivasi. Hasil kegiatan menunjukkan: (1) Peningkatan pemahaman guru tentang perencanaan pembelajaran dari urutan dari tingkat yang tertinggi sampai terendah sebagai berikut: (a) pengembangan LKPD berdasarkan Buku Yayasan, Kemendikbud dan sumber lainnya (b) penilaian aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara autentik, (c) pengembangan materi pembelajaran bersumber dari Buku terbitan Yayasan ditambah dari Kemendikbud dan sumber lain yang relevan, (d) pengembangan RPP  berpedoman pada kurikulum Kemendikbud dan Yayasan. (2) p eningkatan pemahaman guru tentang pelaksanaan pembelajaran yang inovatif terjadi pada: (a) rancangan LKPD proyek; (b) memantau dan menyusun jadwal tugas proyek; dan (c) pelaksanaan proyek kelompok. Faktor penghambat dalam pelaksanaan proyek secara berkelompok yakni pembelajaran masih secara daring sehingga kesulitan memantau tugas. Solusi yang telah dilakukan oleh guru yakni saat peserta didik mengumpulkan tugas proyek diminta menjelaskan pelaksanaan proyeknya. (3) Pemahaman guru tentang penilaian dalam pembelajaran, menunjukkan: (a) aspek sikap mencapai 100%, (b) aspek pengetahuan mencapai 94,7% yakni ada satu mata pelajaran (PJOK) tidak melakukan penilaian pengetahuan, dan (c) aspek keterampilan mencapai 100%. Khusus tentang penilaian berpikir kreatif secara rata-rata menunjukkan peningkatan sebesar 36,73% yakni dari 47,35% meningkat menjadi 66,2% guru telah melakukan penilaian kemampuan berpikir kreatif.

 

Keywords : Pendampingan Guru, LKPD Proyek, Berpikir Kreatif.

Article Details

How to Cite
Winarni, E. W., Koto, I., Yanti, R., Erander, S., & Safitri, D. (2022). Pendampingan Guru SD dalam Pembuatan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Abdi Pendidikan, 3(1), 21–29. https://doi.org/10.33369/abdipendidikan.3.1.21-29

References

  1. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.67 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah.
  2. Prastowo, A. (2016). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar. Yogyakarta: Diva Press.
  3. Winarni, E. W., & Purwandari, E. P. (2020). project-based learning to improve scientific literacy for primary education postgraduate students in science subject. Jurnal Prima Edukasia, 8(1).
  4. Winarni, E.W., Purwandari, E. P., Hambali, D. (2020). Analysis of Language and Scientific Literacy Skills for 4th Grade Elementary School Students through Discovery Learning and ICT Media. International Journal of Instruction April 2020 Vol.13, No.2 e-ISSN: 1308-1470 www.e-iji.net
  5. p-ISSN: 1694-609X.
  6. Winarni, E. W. (2018a). Pendekatan Ilmiah dalam Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Bengkulu: Penerbit FKIP UNIB.
  7. Winarni, E. W. (2018b). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, PTK, dan R &D. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.