Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kebiasaan membaca siswa dalam bahasa Inggris dengan kemampuan pemahaman membaca siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dan dalam bentuk penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah 36 siswa kelas X IPA 1 SMAN 4 Rejang Lebong . Rejang Lebong , Bengkulu tahun akademik 2020/2021. Kuesioner dan tes pemahaman bacaan digunakan sebagai instrumen untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini. Formula Product Moment Pearson digunakan untuk menghubungkan antara kebiasaan membaca dalam bahasa Inggris (variabel X) dan kemampuan pemahaman membaca (variabel Y). Hasil uang didapat menunjukkan bahwa ada hubungan yang kuat dengan nilai 0,642 antara kebiasaan membaca siswa dalam bahasa Inggris dan kemampuan pemahaman membaca siswa dan   tingkat signifikannya adalah (0,00<0,05)

 

Kata Kunci: Kemampuan Membaca, Kemampuan Memahami,

Article Details

How to Cite
Imron, A. (2022). Hubungan Antara Kebiasaan Membaca Siswa Dan Kemampuan Memahami Membaca Mereka. Jurnal Abdi Pendidikan, 3(1), 43–49. https://doi.org/10.33369/abdipendidikan.3.1.43-49

References

  1. Gardner, B. 2012. Kebiasaan sebagai Otomatisitas, Bukan Frekuensi, Jurnal Psikolog Kesehatan Eropa.
  2. Nilsen, P. 2012. Creature of Habit: Accounting For The Role of Habit in Implementasi Research on Clinical Behavior Change. Jurnal Ilmu Implementasi.
  3. Nunan, D. 1998. Metodologi Pengajaran Bahasa: Buku Ajar Untuk Guru. New York: Prentice Hall.
  4. Shane, MC dan Glinow, MV 2007. Perilaku dan kemampuan organisasi. Edisi No. 5. Chicago, IL: McGraw Hill.
  5. Simanjuntak, EG 1988. Mengembangkan Keterampilan Membaca Siswa ESL. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
  6. Wallace, MJ dan Larsen, FD 1987. Teknik dan Prinsip dalam Mengajar Membaca. Oxford: Pers Universitas Oxford.