Main Article Content

Abstract

Kegiatan pengabdian ini betujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan kepada guru dalam merancang instrumen assessment HOTS di SDN 018/V Kuala Tungkal Kabupaten Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi. Kegiatan ini juga memberikan motivasi kepada guru tentang pentingnya merancang instrumen assessment HOTS. Metode pelaksanaan kegiatan yang dilakukan pada kegiatan ini yaitu ceramah, tanya jawab dan diskusi, serta praktik pembuatan instrumen assessment HOTS. Pengumpulan data melalui observasi kegiatan pelatihan serta angket respon perserta kegiatan. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa dari respon 23 peserta kegiatan menunjukkan rata-rata pesentase 88,35 (kateori Sangat baik). Berdasarkan masing-masing indikator yakni kemudahan mengikuti pelatihan dengan persentase 84,35% (Baik), penyediaan waktu diskusi dan tanya jawab 89,57 (Sangat Baik), kemudahan dalam memahmai materi 85,22 (Sangat Baik), respon pemateri selama proses pelatihan 93,04 (Sangat Baik), dan kebermanfaatan materi 89,57 (Sangat Baik). dapat disimpulkan bahwa kegiatan pelatihan perancangan instrumen assessment HOTS di SDN 018/V Kuala Tungkal memberikan pemahaman dan keterampilan kepada guru dalam menghasilkan instrumen assessment HOTS.

Article Details

How to Cite
Maryono, Eka Sastrawati, & Hendra Budiono. (2022). Pelatihan Merancang Instrumen Assessmen High Order Thinking Skills (HOTS) Di SDN 018/V Kuala Tungkal. Jurnal Abdi Pendidikan, 3(2), 69–74. Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/jap/article/view/24250