Main Article Content
Abstract
Kegiatan pengabdian ini betujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan kepada guru dalam merancang instrumen assessment HOTS di SDN 018/V Kuala Tungkal Kabupaten Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi. Kegiatan ini juga memberikan motivasi kepada guru tentang pentingnya merancang instrumen assessment HOTS. Metode pelaksanaan kegiatan yang dilakukan pada kegiatan ini yaitu ceramah, tanya jawab dan diskusi, serta praktik pembuatan instrumen assessment HOTS. Pengumpulan data melalui observasi kegiatan pelatihan serta angket respon perserta kegiatan. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa dari respon 23 peserta kegiatan menunjukkan rata-rata pesentase 88,35 (kateori Sangat baik). Berdasarkan masing-masing indikator yakni kemudahan mengikuti pelatihan dengan persentase 84,35% (Baik), penyediaan waktu diskusi dan tanya jawab 89,57 (Sangat Baik), kemudahan dalam memahmai materi 85,22 (Sangat Baik), respon pemateri selama proses pelatihan 93,04 (Sangat Baik), dan kebermanfaatan materi 89,57 (Sangat Baik). dapat disimpulkan bahwa kegiatan pelatihan perancangan instrumen assessment HOTS di SDN 018/V Kuala Tungkal memberikan pemahaman dan keterampilan kepada guru dalam menghasilkan instrumen assessment HOTS.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.