Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru mitra tentang: (1) penyusunan bahan ajar berbasis proyek dan (2) penilaian kreativitas siswa. Sasaran kegiatan yakni guru di SD Islam Al-Azhar 51 Kota Bengkulu yang berjumlah 25 orang. Kegiatan ini dilaksanakan dengan metode observasional dan modelling dengan empat fase, yaitu: fase perhatian, retensi, reproduksi, dan motivasi. Hasil kegiatan menunjukkan guru mitra menghasilkan: (1) 6 set bahan ajar berbasis proyek sesuai dengan kelasnya, aspek kelengkapan dan penugasan/rancangan proyek bahan ajar berbasis proyek sudah mencapai kategori sangat baik dan baik. (2) 6 set instrumen penilaian kreativitas oleh 6 kelompok guru kelas sesuai dengan kelasnya mencapai kategori sangat baik dan baik pada penilaian aspek sikap, pengetahuan, keterampilan, kreativitas berpikir lancar dan luwes. Namun masih mencapai kategori cukup pada membuat penilaian sendiri, serta kategori kurang pada berpikir memerinci. Berdasarkan simpulan di atas dibutuhkan tindak lanjut kegiatan, masih dibutuhkan pendampingan tentang: (1) penyusunan indikator pencapaiaan kompetensi untuk dasar menyusun bahan ajar proyek. (2) Penyusunan kisi-kisi dan soal berbasis literasi membaca dan numerasi berdasarkan rumusan nindikator. (3) Penyusunan kisi-kisi dan soal berbasis HOTS dan kreativitas siswa.
Kata kunci: Pendampingan guru, balajar proyek, dan kreativitas siswa.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.