Main Article Content

Abstract

Sekolah mitra pada kegiatan yang diusulkan ini adalah SDN 01 Kota Bengkulu. Sekolah ini terletak di jalan Prof. Dr. Hazairin , SH, kelurahan malebero kecamatan teluk segara Kota Bengkulu. Sekolah yang mulai berdiri pada tahun 1938 ini mendapatkan akreditasi A. Permasalahan yang dihadapi oleh guru kelas IIA di sekolah tersebut dalam pembelajaran adalah bagaimana melaksanakan pembelajaran matematika yang efektif dan bermakna sehingga siswa dapat memahami materi pelajaran dengan baik dan menyukai pelajaran matematika. Dengan demikian siswa akan dapat menyelesaikan soal cerita pemecahan masalah dengan benar dan mudah. Siswa kelas IIA di sekolah tersebut kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal pemecahan masalah. Siswa tidak dapat memahami masalah yang ada dalam soal dan menyelesaikan soal sesuai dengan tahapan pemecahan masalah yang seharusnya. Masalah yang dihadapi oleh guru dan siswa SDN 01 Kota Bengkulu dapat dipecahkan dengan cara membekali guru dengan pengetahuan dan keterampilan tentang Penerapan Model Realistic Mathematics Education. Dengan demikian guru diharapkan mampu merancang melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran matematika yang bermakna, aktif, inovatif, kreatif dan menyenangkan. Khalayak sasaran kegiatan PPM ini adalah guru kelas IIA dan siswa IIA di SDN 01 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan pada kegiatan PPM ini adalah pelatihan dan pendampingan. Istrumen evaluasi kegiatan ini adalah lembar wawancara, lembar observasi dan lembar tes. Luaran wajib dari penelitian ini adalah publikasi pada jurnal nasional terakreditasi dan video kegiatan. Luaran tambahan berupa artikel pada media masa online.

Article Details

How to Cite
Karjiyati, V., Agusdianita, N., & Kurniawati, I. (2024). Pendampingan Penerapan Model Realistic Mathematics Education Untuk Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas II SDN 01 Kota Bengkulu. Jurnal Abdi Pendidikan, 5(2), 83–92. https://doi.org/10.33369/abdipendidikan.5.2.83-92