Main Article Content
Abstract
Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan, pemahaman, keterampilan dan pengalaman pada guru-guru SMP di kabupaten lahat dan diharapkan guru memiliki kebiasaan dalam mengembangkan media yang sesuai dengan kebutuhan siswa denga mengikuti langkah ADDIE. Objek yang menjadi sasaran pada pelatihan ini adalah guru-guru SMP N 3 Kabupaten Lahat yang mengikuti berjumlah 20 orang. Metode kegiatan pengabdian kepada masyarakat menggunakan metode ceramah berbantukan media dalam penyampaian materi media dan teori model ADDIE, metode diskusi dan tanya jawab, workshop atau praktek pengembangan media menggunakan model ADDIE, dan simulasi penerapan pengembangan bahar ajar. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini antara lain: 1) pemahaman guru terkait dengan Media pembelajaran 2) Pemahaman terkait model ADDIE, dan 3) keterampilan mengembangkan media dengan model ADDIE . Kesimpulan yang diperoleh dari kegiatan ini adalah 1) Pengetahuan peserta pelatihan pengembangan media pembelajaran menggunakan model ADDIE mengalami peningkatan yang siginifikan dari belum mengetahui hingga mencapai 90% 2)Pelaksanaan pelatihan yang dilakukan pada proses pelatihan terkait pengembangan media pembelajaran menggunakan model ADDIE menunjukkan hasil sebesar (90%) guru sudah mampu mengembangan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa, 3) Guru-guru sudah bisa memproduksi media tapi belum mengikuti langkah- langkah ilmiah maupun teori pengembangan media, 4) Terdapat peningkatkan keterampilan guru dalam mengembangkan media pembelajaran dengan Model ADDIE. hal tersebut dibuktikan dengan adanya produk yang berbetuk media pembelajaran yang di kembangkan melalui model ADDIE
Article Details
Copyright (c) 2024 Buyung Buyung, Wasidi Wasidi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.