Main Article Content

Abstract

Rendahnya hasil belajar peserta didik telah menjadi masalah di Kelas IV SDN 75 Kota Bengkulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) melalui model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media audio visual di kelas IV SDN 75 Kota Bengkulu. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa- siswi kelas IV SDN 75 Kota Bengkulu sebanyak 34 orang dengan jumlah siswa perempuan sebanyak 14 orang dan siswa laki-laki sebanyak 20 orang. Penelitian dilakukan pada tanggal 31 Juli 2023 sampai tanggal 10 Agustus 2023. Metode dalam penelitian ini merupakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Instrument penelitian berupa lembar tes. Teknik analisis data menggunakan teknik kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) melalui model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media audio visual. Hal ini terlihat pada rata-rata hasil belajar siswa siklus I sebesar 67,64 dengan ketuntasan belajar 73,52% meningkat pada siklus II sebesar 83,97 dengan ketuntasan belajar 88,23%. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapatnya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) melalui model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media audio visual di kelas IV SDN 75 Kota Bengkulu.


Kata Kunci: Model Probem Based Learning, Audio Visual, Hasil Belajar

Article Details

How to Cite
Melvi Fitriani, Surya, & Rio Kurniawan. (2023). Peningkatan Hasil Belajar PPKn Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Audio Visual Siswa Kelas Iv Sdn 75 Kota Bengkulu. Jurnal Abdi Pendidikan, 4(1), 1–7. Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/jap/article/view/29941