Main Article Content
Abstract
Rendahnya hasil belajar peserta didik telah menjadi masalah di Kelas IV SDN 75 Kota Bengkulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) melalui model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media audio visual di kelas IV SDN 75 Kota Bengkulu. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa- siswi kelas IV SDN 75 Kota Bengkulu sebanyak 34 orang dengan jumlah siswa perempuan sebanyak 14 orang dan siswa laki-laki sebanyak 20 orang. Penelitian dilakukan pada tanggal 31 Juli 2023 sampai tanggal 10 Agustus 2023. Metode dalam penelitian ini merupakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Instrument penelitian berupa lembar tes. Teknik analisis data menggunakan teknik kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) melalui model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media audio visual. Hal ini terlihat pada rata-rata hasil belajar siswa siklus I sebesar 67,64 dengan ketuntasan belajar 73,52% meningkat pada siklus II sebesar 83,97 dengan ketuntasan belajar 88,23%. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapatnya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) melalui model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media audio visual di kelas IV SDN 75 Kota Bengkulu.
Kata Kunci: Model Probem Based Learning, Audio Visual, Hasil Belajar
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.