Isi Artikel Utama

Abstrak

Target yang ingin dicapai melalui kegiatan PKM ini adalah: (1) Dipahaminya penulisan karya tulis ilmiah berdasarkan pengalaman terbaik (best practices) guru terutama pada guru di SD Sint Carolus Bengkulu; (2) Mewujudkan budaya menulis  pada guru dengan melaksanakan penulisan karya tulis ilmiah berdasarkan pengalaman terbaik (best practices) guru yang dapat dijadikan acuan untuk melaksanakan kegiatan ini secara lebih lanjut. Sedangkan luaran yang diharapkan melalui kegiatan IbM ini adalah: (1) Kinerja guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran yang berkualitas; (2) Kemampuan guru yang cukup dalam menyusun laporan kegiatan berdasarkan best practice sebagai karya tulis ilmiah; (3) Artikel ilmiah yang diterbitkan dalam jurnal nasional; dan (4) Laporan kegiatan. Kegiatan ini berlangsung dengan sukses, semua peserta antusias dan kooperatif dalam pelaksanaan pengabdian dari awal hingga berakhirnya kegiatan. Adapun hasil dari pelatihan tersebut yaitu: (1) Terciptanya suasana dan kondisi ilmiah dalam proses pembelajaran dan upaya pemecahan masalah dalam kaitannya dengan peningkatan kualitas profesionalisme guru, (2) Guru memahami tentang hakikat pengalaman terbaik (best practices), (3) Guru mengetahui manfaat dan tujuan pengalaman terbaik (best practices), untuk meningkatkan kualitas profesionalisme guru dan (4) Timbulnya motivasi guru dalam membuat pengalaman terbaik (best practices), walaupun masih sederhana.


Kata Kunci: Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, Guru SD, Best Practice, Artikel

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Nani Yuliantini

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Bengkulu

Cara Mengutip
Nani Yuliantini, Feri Noperman, Yuli Amaliyah, & Sri Dadi. (2023). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Berbasis Best Practice Pada Jurnal Nasional Bereputasi Pada Guru SD. Jurnal Abdi Pendidikan, 4(1), 21–26. Diambil dari https://ejournal.unib.ac.id/jap/article/view/30275