Isi Artikel Utama

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan langkah sekolah dalam penerapan konsep merdeka belajar SP-3 untuk meningkatkan PROPELA dan prestasi di SMAN 1 Padang Panjang dan untuk mendeskripsikan tentang strategi penerapan konsep merdeka belajar SP-3 dapat meningkatkan PROPELA dan prestasi di SMAN 1 Padang Panjang. Metode yang digunakan adalah konsep Merdeka belajar SP-3 (Profil Pelajar Pancasila). Hasil dari penelitian ini untuk meningkatkan Propela (Profil Pelajar Pancasila) dan prestasi di SMAN 1 Padang Panjang dapat dilakukan salah satunya dengan melakukan strategi penerapan konsep merdeka belajar SP-3 di setiap bidang kegiatan. Dengan penerapan strategi ini, SMAN 1 Padang Panjang banyak meraih prestasi baik diakademik maupun nonakademik. Selain itu, guru juga terlibat aktif dalam prestasi dan dalam pembelajaran sudah melaksanakan dengan baiks esuai dengan kurikulum Merdeka belajar.


Keywords: Penerapan, Merdeka Belajar, Propela dan Prestasi

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Budi Hermawan. (2023). Penerapan Konsep Merdeka Belajar Sp-3 Dalam Meningkatkan Propela dan Prestasi di SMAN 1 Padang Panjang. Jurnal Abdi Pendidikan, 4(1), 35–41. Diambil dari https://ejournal.unib.ac.id/jap/article/view/30688