Main Article Content
Abstract
Aktivitas mendongeng saat ini cenderung ditinggallkan dalam proses pembelajaran dan aktivitas keluarga. Mendongeng bermanfaat untuk menghibur dan pendidikan moral bagi anak. Diperlukan pelatihan mendongeng bagi guru-guru SD. Metode pelatihan dilaksanakan melalui 3 tahap yaitu 1) perencanaan: evaluasi kegiatan menggunakan lembar tes pengetahuan untuk memperoleh pemahaman awal para guru tentang mendongeng. 2) implementasi: penjelasan konsep mendongeng, evaluasi menggunakan lembar tes untuk mengetahui pengetahuan guru setelah pelatihan, evaluasi keterampilan mendongeng menggunakan rubrik penilaian ujuk kinerja. dan 3) refleksi, tentang kegiatan mendongeng yang dilaksanakan. Hasil pengabdian para guru kurang memiliki wawasan cerita rakyat Bengkulu secara kualitas dan kuantitas. Cerita rakyat Bengkulu belum didokumentasi dengan baik. Perlu meningkatkan kompetensi guru mendongeng dan melaksanakan lomba mendongeng antar kelas.
Kata Kunci: pelatihan, mendongeng. Guru-guru
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.