Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan kegiatan pendampingan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman tentang media pembelajaran, media pembelajaran berbasis saintifik, dan keterampilan dalam pembuatan media pop up book berbasis saintifik. Metode yang digunakan adalah observasional dan modelling dengan empat fase, yaitu: fase perhatian, fase retensi, fase reproduksi, dan fase motivasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan penyebaran angket. Hasil kegiatan pendampingan menunjukkan peningkatan, yakni: (1) pemahaman guru tentang media pembelajaran dengan rata-rata pretest sebesar 80,84 dan posttest sebesar 92,85; (2) pemahaman tentang media pembelajaran berbasis saintifik dengan rata-rata pretest sebesar 80,67 dan posttest sebesar 95,33, (3) keterampilan guru dalam pembuatan media pop up book berbasis saintifik dengan rata-rata pretest sebesar 70,22 dan posttest sebesar 89,92; dan (4) hasil belajar kognitif siswa dengan rata-rata pretest sebesar 49 dan posttest sebesar 81. Simpulan dari artikel ini adalah pendampingan pembuatan media pop up book berbasis saintifik dapat meningkatkan pemahaman tentang media pembelajaran, media pembelajaran berbasis saintifik, keterampilan dalam pembuatan media pop up book berbasis saintifik, dan meningkatnya hasil belajar kognitif siswa menggunakan media pop up book berbasis saintifik.
Kata kunci: pendampingan, media pembelajaran, pop up book, saintifik
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.