Main Article Content

Abstract

Tujuan kegiatan pendampingan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman tentang media pembelajaran, media pembelajaran berbasis saintifik, dan keterampilan dalam pembuatan media pop up book berbasis saintifik. Metode yang digunakan adalah observasional dan modelling dengan empat fase, yaitu: fase perhatian, fase retensi, fase reproduksi, dan fase motivasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan penyebaran angket. Hasil kegiatan pendampingan menunjukkan peningkatan, yakni: (1) pemahaman guru tentang media pembelajaran dengan rata-rata pretest sebesar 80,84 dan posttest sebesar 92,85; (2) pemahaman tentang media pembelajaran berbasis saintifik dengan rata-rata pretest sebesar 80,67 dan posttest sebesar 95,33, (3) keterampilan guru dalam pembuatan media pop up book berbasis saintifik dengan rata-rata pretest sebesar 70,22 dan posttest sebesar 89,92; dan (4) hasil belajar kognitif siswa dengan rata-rata pretest sebesar 49 dan posttest sebesar 81. Simpulan dari artikel ini adalah pendampingan pembuatan media pop up book berbasis saintifik dapat meningkatkan pemahaman tentang media pembelajaran, media pembelajaran berbasis saintifik, keterampilan dalam pembuatan media pop up book berbasis saintifik, dan meningkatnya hasil belajar kognitif siswa menggunakan media pop up book berbasis saintifik.


Kata kunci: pendampingan, media pembelajaran, pop up book, saintifik

Article Details

How to Cite
Endang Widi Winarni, Irwan Koto, Yusnia, Ita Mulyati, & Laila Sofiatun Jana. (2023). Pendampingan Guru SD dalam Pembuatan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Saintifik . Jurnal Abdi Pendidikan, 4(2), 96–100. Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/jap/article/view/31216