Main Article Content
Abstract
Perspektif saintifik, yaitu pendekatan menggunakan langkah-langkan serta kaidah ilmiah dalam proses pembelajaran. Sumber ilmu dan informasi bisa ditemukan dimana saja terutama di alam, berbagai sumber ilmu dan kreativitas pada tumbuhan dapat dijadikan prepektif saintifik bagi siswa. Tumbuhan memiliki teknik pengelolaan awetan sebgai sumber belajar serta kreativitas bagi siswa. Banyaknya tumbuhan berbunga di sekitar perkarangan menjadi potensi dalam membuat pemanfaatan produk kreatif dengan menggunakan awetan tumbuhan. Diharapkan dengan adanya pelatihan pemanfaatan tanaman perkarangan, hias dan budidaya menjadi produk kreatif bernilai seni dan ekonomis dapat meningkatkan keterampilan siswa dan peserta didik sebagai upaya alternatif peningkatan pendapatan. Tujuan pengabdian kegiatan pemanfaatan tumbuhan sekitar sekolah dalam pembuatan awetan tumbuhan untuk media kreativitas tumbuhan (botani). Kegiatan ini dapat diaplikasikan sebagai media pada materi keanekaragaman tumbuhan dan dimanfaatkan sebagai kegiatan wirausaha berbasis biologi.
Kata kunci: Awetan, tumbuhan, saintifik, SMP IT Rabbani
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.