Isi Artikel Utama

Abstrak

Kemampuan membaca merupakan kebutuhan dasar dalam kehidupan manusia yang mempengaruhi berbagai aspek kehidupan. Pembelajaran membaca permulaan sangat penting bagi siswa Sekolah Dasar kelas awal untuk mengembangkan keterampilan membaca yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa di MIS Hidayatul Hasaniyyah Kota Bengkulu melalui metode global yang memanfaatkan media gambar. Metode global melibatkan pembelajaran membaca kalimat secara utuh dan telah terbukti efektif meningkatkan keterampilan membaca. Program pengabdian masyarakat ini melibatkan persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahap persiapan mencakup observasi lapangan dan perancangan kegiatan pelatihan. Pelaksanaan terdiri dari penyampaian materi, diskusi, dan simulasi metode global berbantuan media gambar. Evaluasi menunjukkan bahwa 80% peserta memahami dan dapat menerapkan metode global. Hasil ini menunjukkan bahwa metode global dengan media gambar efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa. Saran pemanfaatan mencakup pengintegrasian metode global dalam kurikulum, pelatihan berkelanjutan bagi guru, penggunaan media visual yang lebih beragam, dan kolaborasi dengan orang tua. Dengan demikian, metode global berbantuan media gambar dapat menjadi solusi efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa.


Kata kunci: membaca permulaan, metode global, media gambar, pendidikan dasar, peningkatan keterampilan membaca

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Yuli Amaliyah, Anugrah Agung, & Dwi Kurnia Putri. (2024). Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa MI Hidayatul Hasaniyyah Kota Bengkulu. Jurnal Abdi Pendidikan, 5(1), 40–44. Diambil dari https://ejournal.unib.ac.id/jap/article/view/34889