Main Article Content
Abstract
Pendidikan merupakan upaya yang dilakukan seseorang agar terjadi perubahan ke arah yang lebih baik. Di Indonesia, pendidikan lebih diartikan sebagai lembaga formal yang mempunyai tujuan untuk mengembangkan potensi akademik peserta didik guna mewujudkan tujuan pendidikan. Salah satu tokoh pendidikan Islam adalah Al-Ghazali. Al-Ghazali merupakan salah satu tokoh pendidikan Islam yang menyumbangkan pemikirannya dalam bidang pendidikan. Al-Ghazali sejak kecil dikenal sebagai anak pecinta ilmu dan semangat mencari kebenaran hakiki, meski dirundung duka, dilanda berbagai bentuk duka dan kesengsaraan. Pandangan Al-Ghazali tentang pendidikan adalah proses memanusiakan manusia. Sedangkan tujuan pendidikan menurutnya terdiri dari tujuan jangka panjang dan jangka pendek.
Sebagai seorang pendidik harus mampu, tidak hanya sebagai guru tetapi juga mengajarkan pendidikan karakter dan pentingnya pendidikan karakter bagi peserta didik adalah menjadi peserta didik yang kompeten dan berakhlak mulia. Pendidikan agama Islam merupakan salah satu terobosan sebagai upaya mendukung pendidikan karakter siswa agar akhlak seluruh siswa menjadi lebih mulia.
Akhlak merupakan suatu sikap yang berakar pada jiwa yang darinya lahirlah berbagai perbuatan dengan mudah dan tanpa susah payah, tanpa memerlukan pemikiran dan pertimbangan. Apabila sikap ini lahir dari perbuatan yang baik dan terpuji, baik dari segi akal maupun syara’, maka disebut akhlak yang baik. Dan jika yang lahir darinya adalah perbuatan tercela, maka sikap itu disebut akhlak yang buruk. Keberhasilan seorang pendidik adalah menjadi teladan dan menjadikan peserta didik atau peserta didik mempunyai akhlak yang mulia
Kata Kunci : Konsep, Pendidikan, dan Pemikiran
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.