Isi Artikel Utama
Abstrak
Pendidikan Islam menghadapi problema bukan hanya pada aspek ideologi, politik keuangan dan peroblem lainnya, namun juga datangnya era globalisasi yakni revolusi industri 4.0 dan society 5.0 yang merupakan gerakan nyata terhadap perkembangan informasi dan teknologi yang semakin canggih. Menyikapi persoalan di atas telah banyak melahirkan sejumlah tokoh di berbagai pelosok dunia Islam yang memberikan pengaruh bagi kemajuan ilmu pengetahuan. Salah satu tokoh di dunia Islam ialah Ibnu Sina yang merupakan ilmuwan muslim yang memiliki keahlian di berbagai bidang. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pemikiran Ibnu Sina terhadap Pendidikan Islam dan relevansinya pada Pendidikan di era modern. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, jenis penelitian studi kepustakaan (library research) dengan metode pengumpulan data dokumentasi dan analisis isi. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa pemikiran Pendidikan Islam Ibnu Sina berupaya dalam membentuk insan kamil yakni insan yang terbina semua potensi dirinya secara seimbang dan menyeluruh. Pendidikan Islam perspektif Ibnu Sina dipandang masih relevan, meskipun pemikiran mengenai pendidikannya tidak dilahirkan pada era modern. Hal ini berdasarkan dengan nilai-nilai ajaran Islam yang bersumber kepada Al-qur’an dan Sunnah. Dengan demikian pemikiran Pendidikan Ibnu Sina tentunya dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam pelaksanaan Pendidikan.
Keywords: Pendidikan Islam; Ibnu Sina; Relevansi
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.