Main Article Content

Abstract

Pengamatan awal di kelompok B RA Masyithoh Sampangan menunjukkan bahwa kemampuan motorik halus anak masih rendah, yaitu sekitar 25%. Hal ini disebabkan oleh rendahnya semangat dan konsentrasi anak serta proses pembelajaran yang kurang optimal. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan melipat menggunakan media kertas. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan melipat kertas efektif meningkatkan kemampuan motorik halus anak. Pada siklus I, dari 22 anak, 18,2% berada pada taraf Berkembang Sangat Baik, 63,6% Berkembang Sesuai Harapan, dan 18,2% Mulai Berkembang. Pada siklus II, terjadi peningkatan signifikan dengan 81,8% anak berada pada taraf Berkembang Sangat Baik, dan 18,2% Berkembang Sesuai Harapan. Dengan capaian lebih dari 75%, penelitian ini berhasil mencapai indikator keberhasilan. Temuan ini membuktikan bahwa kegiatan melipat menggunakan media kertas dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak di kelompok B RA Masyithoh Sampangan.

Article Details

How to Cite
Patri, S. F. D., & Badiah, A. D. (2024). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Melipat Kertas di RA Masyitoh Sampangan. Jurnal Abdi Pendidikan, 5(2), 107–112. https://doi.org/10.33369/abdipendidikan.5.2.107-112