Isi Artikel Utama

Abstrak

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model
pembelajaran Example Non Example pada materi IPA. Adapun subjek dalam kegiatan ini
yaitu siswa kelas V SD Negeri 10 Belida Darat yang terdiri dari 28 siswa, dengan 12 siswa
laki-laki dan 16 siswa perempuan. Kegiatan pengabdian yang dilakukan meliputi
perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/pengamatan, serta evaluasi-refleksi yang
berfokus pada materi "Hubungan Makanan pada Kesehatan." Berdasarkan hasil perbaikan
pembelajaran, penguasaan siswa terhadap materi menunjukkan peningkatan yang
signifikan. Pada pra-siklus, hanya 32% atau 9 siswa yang tuntas. Setelah dilakukan
pembelajaran menggunakan media gambar pada materi tersebut, pada siklus 1 terjadi
peningkatan menjadi 58,33% atau 20 siswa yang tuntas. Peningkatan lebih lanjut terjadi
pada siklus II, dengan 74% atau 25 siswa yang tuntas setelah penerapan model pembelajaran
Example Non Example. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan
model Example Non Example efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa
pada materi IPA di kelas V SD Negeri 10 Belida Darat.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Bardini, B. R., & Patri, S. F. D. (2024). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Model Pembelajaran Example Non Example . Jurnal Abdi Pendidikan, 5(2), 113–117. https://doi.org/10.33369/abdipendidikan.5.2.113-117