Main Article Content

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Example Non Example pada materi IPA. Adapun subjek dalam kegiatan ini yaitu siswa kelas V SD Negeri 10 Belida Darat yang terdiri dari 28 siswa, dengan 12 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Kegiatan pengabdian yang dilakukan meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/pengamatan, serta evaluasi-refleksi yang berfokus pada materi "Hubungan Makanan pada Kesehatan." Berdasarkan hasil perbaikan pembelajaran, penguasaan siswa terhadap materi menunjukkan peningkatan yang signifikan. Pada pra-siklus, hanya 32% atau 9 siswa yang tuntas. Setelah dilakukan pembelajaran menggunakan media gambar pada materi tersebut, pada siklus 1 terjadi peningkatan menjadi 58,33% atau 20 siswa yang tuntas. Peningkatan lebih lanjut terjadi pada siklus II, dengan 74% atau 25 siswa yang tuntas setelah penerapan model pembelajaran Example Non Example. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Example Non Example efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa pada materi IPA di kelas V SD Negeri 10 Belida Darat.

Article Details

How to Cite
Bardini, B. R., & Patri, S. F. D. (2024). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Model Pembelajaran Example Non Example. Jurnal Abdi Pendidikan, 5(2), 113–117. https://doi.org/10.33369/abdipendidikan.5.2.113-117