Main Article Content

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan matematika dasar siswa melalui program pendampingan belajar. Rendahnya kemampuan literasi numerasi siswa Sekolah Dasar menjadi tantangan besar dalam dunia Pendidikan Indonesia salah satunya pada mata Pelajaran matematika. Untuk itu perlu diupayakan pembelajaran yang dirancang agar dapat menguasai konsep-konsep dasar matematika. Di Desa Koto Bento, Kecamatan Pesisir Bukit, Kota Sungai Penuh merupakan salah satu wilayah yang akan dilaksanakan kegiatan pengabdian Masyarakat berupa pendampingan belajar, khususnya dalam mata pelajaran matematika dasar. Metode yang digunakan adalah bimbingan belajar tatap muka dengan pendekatan kontekstual dan partisipatif. Kegiatan ini melibatkan siswa SD yang berdomisili di desa Koto Bento. Materi yang disampaikan difokuskan pada topik-topik dasar seperti operasi hitung, pengukuran, dan pecahan sederhana. Hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan kemampuan numerasi siswa serta motivasi belajar yang lebih tinggi. Kolaborasi antara perguruan tinggi, sekolah, dan masyarakat menjadi kunci keberhasilan kegiatan pengabdian. Program ini diharapkan dapat direplikasi di daerah lain untuk mendukung penguatan literasi numerasi secara berkelanjutan.

Article Details

How to Cite
Heswari, S., Sari, L. T., Jon, E., & Wahyuni, L. (2025). Pendampingan Belajar Matematika Dasar Untuk Siswa SD di Desa Koto Bento sebagai Upaya Peningkatan Literasi Numerasi: literasi numerasi, pendampingan belajar, matematika dasar, siswa SD, pengabdian Masyarakat. Jurnal Abdi Pendidikan, 6(1), 30–34. https://doi.org/10.33369/abdipendidikan.6.1.30-34