Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan media sosial instagram sebagai media promosi perpustakaan di Perpustakaan Universitas Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian deskriptif kualitatif yang menggambarkan pemanfaatan media Instagram sebagai promosi
perpustakaan yang mengacu pada bauran promosi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Perpustakaan Universitas Bengkulu memanfaatkan Instagram sebagai wadah promosi,
dengan konten postingan mengenai kegiatan yang sudah dilaksanakan, selain itu layanan yang disediakan perpustakaan, kegiatan atau event yang akan digelar, hingga informasi lainnya yang bermanfaat bagi para pemustaka
Rincian Artikel
Referensi
- Agustina. “Analisis Penggunaan Media Sosial Instagram terhadap Sikap Konsumerisme Remaja di SMA
- Negeri 3 Samarinda. eJurnal Ilmu Komunikasi 4, No. 3 (Agustus 2016): 410–420.
- Ajat Rukajat. 2018. Pendekatan Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Deepublish.
- Gunawan, Arief. (2017). Pemanfaatan Media Sosial di Perpustakaan. Jurnal Pari, 3 (1), 49-52.
- Karo-Karo, I. R., & Rohani, R. (2018). Manfaat media dalam pembelajaran. AXIOM: Jurnal Pendidikan dan
- Matematika, 7(1), 91-96. Diakses pada tanggal 06 Mei 2023. dari laman
- http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/axiom/article/view/1778.
- Mafar, F. (2020). Pemanfaatan Instagram oleh Perpustakaan PTKIN di Jawa Timur. Fihris: Jurnal Ilmu
- Perpustakaan dan Informasi, 15(2), 167-180. Diakses pada tanggal 06 Mei 2023 dari laman :
- http://ejournal.uinsuka.ac.id/adab/FIHRIS/article/down%20load/1771/886.
- Mustofa, M. (2017). Promosi Perpustakaan Melalui Media Sosial: Best Practice. Publication Library and
- Information.
- Nasrullah, Rulli (2015). Media Sosial : Perspektif komunikasi, budaya, dan sosioteknologi. Bandung:
- Simbiosa Rekatama Media.
- Novianti, Y. (2017). “Konsep Diri Remaja dalam Media Sosial (Studi Deskriptif Kualitatif Konsep Diri pada
- Pengguna Media Sosial Instagramdi kalangan Pelajar SMA di Kota Medan)”. Skripsi Sarjana.
- Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Departemen Ilmu Komunikasi. Universitas Sumatera Utara.
- Medan. Diakses pada tanggal 06 Mei 2023, dari laman.
- http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/20971.
- Rahman, Adi Fida. 2015. Tantangan di Era Digital: Harta, Tahta dan Kuota. September 29. Diakses pada
- tanggal 7 Mei, 2023.
- Supriyatno, Hary. (2019). Strategi Pemanfaatan Media Sosial sebagai Sarana Promosi Perpustakaan :
- Studi Analisis Persepsi Pemustaka Tentang Efektifitas Pemanfaatan Media Sosial sebagai Sarana
- Promosi Layanan Perpustakaan UIN Sunan Ampel. Indonesian Journal of Academic Librarianship,
- (3), 33-45.
- Zakirah, D. M. A. (2017). Mahasiswa dan Instagram (Studi Tentang Instagram Sebagai Sarana Membentuk
- Citra Diri di Kalangan Mahasiswa Universitas Airlangga) (Doctoral dissertation, Universitas
- Airlangga). Diakses pada tanggal 07 Mei 2023, dari laman :
- http://repository.unair.ac.id/70247/.
Referensi
Agustina. “Analisis Penggunaan Media Sosial Instagram terhadap Sikap Konsumerisme Remaja di SMA
Negeri 3 Samarinda. eJurnal Ilmu Komunikasi 4, No. 3 (Agustus 2016): 410–420.
Ajat Rukajat. 2018. Pendekatan Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Deepublish.
Gunawan, Arief. (2017). Pemanfaatan Media Sosial di Perpustakaan. Jurnal Pari, 3 (1), 49-52.
Karo-Karo, I. R., & Rohani, R. (2018). Manfaat media dalam pembelajaran. AXIOM: Jurnal Pendidikan dan
Matematika, 7(1), 91-96. Diakses pada tanggal 06 Mei 2023. dari laman
http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/axiom/article/view/1778.
Mafar, F. (2020). Pemanfaatan Instagram oleh Perpustakaan PTKIN di Jawa Timur. Fihris: Jurnal Ilmu
Perpustakaan dan Informasi, 15(2), 167-180. Diakses pada tanggal 06 Mei 2023 dari laman :
http://ejournal.uinsuka.ac.id/adab/FIHRIS/article/down%20load/1771/886.
Mustofa, M. (2017). Promosi Perpustakaan Melalui Media Sosial: Best Practice. Publication Library and
Information.
Nasrullah, Rulli (2015). Media Sosial : Perspektif komunikasi, budaya, dan sosioteknologi. Bandung:
Simbiosa Rekatama Media.
Novianti, Y. (2017). “Konsep Diri Remaja dalam Media Sosial (Studi Deskriptif Kualitatif Konsep Diri pada
Pengguna Media Sosial Instagramdi kalangan Pelajar SMA di Kota Medan)”. Skripsi Sarjana.
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Departemen Ilmu Komunikasi. Universitas Sumatera Utara.
Medan. Diakses pada tanggal 06 Mei 2023, dari laman.
http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/20971.
Rahman, Adi Fida. 2015. Tantangan di Era Digital: Harta, Tahta dan Kuota. September 29. Diakses pada
tanggal 7 Mei, 2023.
Supriyatno, Hary. (2019). Strategi Pemanfaatan Media Sosial sebagai Sarana Promosi Perpustakaan :
Studi Analisis Persepsi Pemustaka Tentang Efektifitas Pemanfaatan Media Sosial sebagai Sarana
Promosi Layanan Perpustakaan UIN Sunan Ampel. Indonesian Journal of Academic Librarianship,
(3), 33-45.
Zakirah, D. M. A. (2017). Mahasiswa dan Instagram (Studi Tentang Instagram Sebagai Sarana Membentuk
Citra Diri di Kalangan Mahasiswa Universitas Airlangga) (Doctoral dissertation, Universitas
Airlangga). Diakses pada tanggal 07 Mei 2023, dari laman :