Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan media sosial instagram sebagai media promosi perpustakaan di Perpustakaan Universitas Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian deskriptif kualitatif yang menggambarkan pemanfaatan media Instagram sebagai promosi
perpustakaan yang mengacu pada bauran promosi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Perpustakaan Universitas Bengkulu memanfaatkan Instagram sebagai wadah promosi,
dengan konten postingan mengenai kegiatan yang sudah dilaksanakan, selain itu layanan yang disediakan perpustakaan, kegiatan atau event yang akan digelar, hingga informasi lainnya yang bermanfaat bagi para pemustaka

Keywords

Media Sosial, Promosi Perpustakaan, Instagram

Article Details

References

  1. Agustina. “Analisis Penggunaan Media Sosial Instagram terhadap Sikap Konsumerisme Remaja di SMA
  2. Negeri 3 Samarinda. eJurnal Ilmu Komunikasi 4, No. 3 (Agustus 2016): 410–420.
  3. Ajat Rukajat. 2018. Pendekatan Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Deepublish.
  4. Gunawan, Arief. (2017). Pemanfaatan Media Sosial di Perpustakaan. Jurnal Pari, 3 (1), 49-52.
  5. Karo-Karo, I. R., & Rohani, R. (2018). Manfaat media dalam pembelajaran. AXIOM: Jurnal Pendidikan dan
  6. Matematika, 7(1), 91-96. Diakses pada tanggal 06 Mei 2023. dari laman
  7. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/axiom/article/view/1778.
  8. Mafar, F. (2020). Pemanfaatan Instagram oleh Perpustakaan PTKIN di Jawa Timur. Fihris: Jurnal Ilmu
  9. Perpustakaan dan Informasi, 15(2), 167-180. Diakses pada tanggal 06 Mei 2023 dari laman :
  10. http://ejournal.uinsuka.ac.id/adab/FIHRIS/article/down%20load/1771/886.
  11. Mustofa, M. (2017). Promosi Perpustakaan Melalui Media Sosial: Best Practice. Publication Library and
  12. Information.
  13. Nasrullah, Rulli (2015). Media Sosial : Perspektif komunikasi, budaya, dan sosioteknologi. Bandung:
  14. Simbiosa Rekatama Media.
  15. Novianti, Y. (2017). “Konsep Diri Remaja dalam Media Sosial (Studi Deskriptif Kualitatif Konsep Diri pada
  16. Pengguna Media Sosial Instagramdi kalangan Pelajar SMA di Kota Medan)”. Skripsi Sarjana.
  17. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Departemen Ilmu Komunikasi. Universitas Sumatera Utara.
  18. Medan. Diakses pada tanggal 06 Mei 2023, dari laman.
  19. http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/20971.
  20. Rahman, Adi Fida. 2015. Tantangan di Era Digital: Harta, Tahta dan Kuota. September 29. Diakses pada
  21. tanggal 7 Mei, 2023.
  22. Supriyatno, Hary. (2019). Strategi Pemanfaatan Media Sosial sebagai Sarana Promosi Perpustakaan :
  23. Studi Analisis Persepsi Pemustaka Tentang Efektifitas Pemanfaatan Media Sosial sebagai Sarana
  24. Promosi Layanan Perpustakaan UIN Sunan Ampel. Indonesian Journal of Academic Librarianship,
  25. (3), 33-45.
  26. Zakirah, D. M. A. (2017). Mahasiswa dan Instagram (Studi Tentang Instagram Sebagai Sarana Membentuk
  27. Citra Diri di Kalangan Mahasiswa Universitas Airlangga) (Doctoral dissertation, Universitas
  28. Airlangga). Diakses pada tanggal 07 Mei 2023, dari laman :
  29. http://repository.unair.ac.id/70247/.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>