Main Article Content
Abstract
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik data yang digunakan adalah Analisis Interaktif (Interactive Model of Analysis), yaitu
dengan menggambarkan serta menguraikan informasi dari setiap bagian komponen yang dinilai. Hasil
penelitian memperlihatkan bahwa pelaksanaan diklat calon kepala perpustakaan sekolah sudah efektif. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil yaitu para peserta diklat calon Kepala perpustakaan sekolah
dapat meningkatkan keterampilan pengelola perpustakaan dalam mengelola perpustakaan sekolah,
meningkatkan standar pengelolaan perpustakaan, dan menerapkan teknologi otomasi perpustakaan
yang dapat dikatakan efektif. Pelaksanaan Diklat Calon Perpustakaan dalam penelitian ini telah cukup
efektif dalam menghasilkan calon kepala perpustakaan sekolah yang lebih berkualitas dan berkompeten yang dapat diangkat menjadi kepala perpustakaan sekolah. Namun, penelitian ini masih memiliki
beberapa keterbatasan yang disebabkan karena, sarana dan prasarana yang tidak memadai. Sehingga, terjadi suatu kendala dalam pelaksanaan diklat calon kepala perpustakaan sekolah. Maka dari itu,
tentu penelitian ini masih memiliki gap penelitian yang masih bisa diisi untuk penelitian selanjutnya.
Keywords
Article Details
References
- Aa Kosasih, S. S. (2015). Otomasi Perpustakaan Sekolah : sebuah pengenalan Oleh : Aa Kosasih, S.Sos /
- Pustakawan Pertama. Jurnal Perpustakaan Sekolah, 1(1), 1–13.
- Azizah Indriyani, M. S. dan S. B. R. (2020). Pengaruh Diklat Kependidikan Dan Kesejahteraan Guru Terhadap
- Kualitas Guru di Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Jamblang Kabupaten Cirebon. Syntax Idea,
- (1), 1–12.
- Darmastuti, H. dan K. (2014). Manajemen Sarana dan Prasarana Dalam Upaya Peningkatan Kualitas
- Pembelajaran Pada Jurusan Teknik Komputer dan Informatika di SMK Negeri 2 Surabaya.
- Inspirasi Manajemen Pendidikan, 3(3), 9–20.
- Govil S. K, K. U. (2014). The importance of training in contemporary organizations. Academic Journal
- JAPRI (Jurnal Perpustakaan dan Informasi) Vol.5 No.1 2023
- Article, 7(2), 115–125.
- https://doi.org/10.5937/menhottur1902115s
- Huberman, & Miles. (2019). Teknik Pengumpulan dan Analisis Data Kualitatif. Jurnal Studi Komunikasi
- dan Media, 02 (1998).
- Kartika, S., Husni, H., & Millah, S. (2019). Pengaruh Kualitas Sarana dan Prasarana terhadap Minat Belajar
- Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 113.
- https://doi.org/10.36667/jppi. v7i1.360
- Madya, W., & Rosyidi, A. M. (2017). Model dan Strategi Pembelajaran Diklat (Kajian alternatif yang efektif).
- Andragogi Jurnal Diklat Teknis, V(1), 100–111.
- Prof. Dr. A. Muri Yusuf, M. P. (2014). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan
- (1st ed.). Kencana.
- Putri, D. H. (2016). Evaluasi Standar Konsep Perancangan Interior Perpustakaan di Lingkungan Fisik
- (Studi Kasus di Universitas Ma Chung). Record And Library Journal, 2, 198–211.
- https://e-journal.unair.ac.id/RLJ/article/view/7227
- Sugeng Priyanto. (2016). Hernandono, 2005 1. Universitas Diponegoro, 1–9.
- Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (p. 156). Alfabeta.
- Supriana, A. (2014). Upaya meningkatkan kompetensi guru sebagai kepala perpustakaan sekolah.
- Jurnal Administrasi Pendidikan, 1(1), 88–99.
- Suryana R. (2014). Peran Perpustakaan Dan Tenaga Perpustakaan Sekolah/Madrasah dalam Meningkatkan
- Mutu Pendidikan di Sekolah/Madrasah. Edulib, 4(2), 57–83.
- https://doi.org/10.17509/edulib. v4i2.1134
- Yumini, Siti & Rakhmawati, L. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate
- Storyline Pada Mata Diklat Teknik Elektronika Dasar Di Smk Negeri 1 Jetis Mojokerto.
- Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(3), 845–849.
- Zellatifanny, C. M., & Mudjiyanto, B. (2018). The type of descriptive research in communication study.
- Jurnal Diakom, 1(2), 83–90
References
Aa Kosasih, S. S. (2015). Otomasi Perpustakaan Sekolah : sebuah pengenalan Oleh : Aa Kosasih, S.Sos /
Pustakawan Pertama. Jurnal Perpustakaan Sekolah, 1(1), 1–13.
Azizah Indriyani, M. S. dan S. B. R. (2020). Pengaruh Diklat Kependidikan Dan Kesejahteraan Guru Terhadap
Kualitas Guru di Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Jamblang Kabupaten Cirebon. Syntax Idea,
(1), 1–12.
Darmastuti, H. dan K. (2014). Manajemen Sarana dan Prasarana Dalam Upaya Peningkatan Kualitas
Pembelajaran Pada Jurusan Teknik Komputer dan Informatika di SMK Negeri 2 Surabaya.
Inspirasi Manajemen Pendidikan, 3(3), 9–20.
Govil S. K, K. U. (2014). The importance of training in contemporary organizations. Academic Journal
JAPRI (Jurnal Perpustakaan dan Informasi) Vol.5 No.1 2023
Article, 7(2), 115–125.
https://doi.org/10.5937/menhottur1902115s
Huberman, & Miles. (2019). Teknik Pengumpulan dan Analisis Data Kualitatif. Jurnal Studi Komunikasi
dan Media, 02 (1998).
Kartika, S., Husni, H., & Millah, S. (2019). Pengaruh Kualitas Sarana dan Prasarana terhadap Minat Belajar
Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 113.
https://doi.org/10.36667/jppi. v7i1.360
Madya, W., & Rosyidi, A. M. (2017). Model dan Strategi Pembelajaran Diklat (Kajian alternatif yang efektif).
Andragogi Jurnal Diklat Teknis, V(1), 100–111.
Prof. Dr. A. Muri Yusuf, M. P. (2014). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan
(1st ed.). Kencana.
Putri, D. H. (2016). Evaluasi Standar Konsep Perancangan Interior Perpustakaan di Lingkungan Fisik
(Studi Kasus di Universitas Ma Chung). Record And Library Journal, 2, 198–211.
https://e-journal.unair.ac.id/RLJ/article/view/7227
Sugeng Priyanto. (2016). Hernandono, 2005 1. Universitas Diponegoro, 1–9.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (p. 156). Alfabeta.
Supriana, A. (2014). Upaya meningkatkan kompetensi guru sebagai kepala perpustakaan sekolah.
Jurnal Administrasi Pendidikan, 1(1), 88–99.
Suryana R. (2014). Peran Perpustakaan Dan Tenaga Perpustakaan Sekolah/Madrasah dalam Meningkatkan
Mutu Pendidikan di Sekolah/Madrasah. Edulib, 4(2), 57–83.
https://doi.org/10.17509/edulib. v4i2.1134
Yumini, Siti & Rakhmawati, L. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate
Storyline Pada Mata Diklat Teknik Elektronika Dasar Di Smk Negeri 1 Jetis Mojokerto.
Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(3), 845–849.
Zellatifanny, C. M., & Mudjiyanto, B. (2018). The type of descriptive research in communication study.
Jurnal Diakom, 1(2), 83–90