Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Customer Relationship Management
(CRM) di Perpustakaan Daerah Kota Bogor. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif,
dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu teknik observasi, dokumentasi dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan CRM di Perpustakaan Daerah Kota Bogor dapat dilihat
dari user profiling yaitu membuat segmentasi pemustaka, kemudian edukasi CRM dengan mengedukasi
para pustakawan dan penerapan media CRM atau penggunaan media yang digunakan oleh Perpustakaan Kota Bogor untuk penerapan CRM. Konsep CRM sudah diaplikasikan di Perpustakaan Daerah Kota
Bogor, agar perpustakaan dapat memberikan layanan informasi yang dapat memuaskan pengguna
dalam rangka menciptakan komunitas pengguna yang loyal.

Rincian Artikel

Referensi

  1. Afrina, M., & Ibrahim, A. 2013. Rancang Bangun Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) Sebagai Sistem Informasi Dalam Peningkatan Layanan Perpustakaan Digital Fakultas Ilmu Komputer Unsri. Jurnal Sistem Informasi (JSI), 5(2), 629–644.
  2. Cahyono, N. 2014. Implementasi Fitur Electronic Customer Relationship Management pada Rekam Medis. Jnteti, 3(3), 168–173.
  3. Carissa, A. O., Fauzi, A., & Kumadji, S. 2014. Penerapan Customer Relationship Management (CRM) Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus pada Bandung Sport Distro Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 15(1).
  4. Dyantina, O., Afrina, M., & Ibrahim, A. 2012. Penerapan Customer Relationship Management (CRM) Berbasis Web (Studi Kasus Pada Sistem Informasi Pemasaran di Toko YEN-YEN). Sistem Informasi, 4(2), 516–529.
  5. Fardhani, K. F., Rachmawati, I., & Prabowo, F. S. 2016. Pengaruh Customer Relationship Management (CRM) Terhadap Loyalitas Pelanggan English First Samarinda The Effect Of Customer Relationship Management (CRM) On Customer’s Loyalty Of English First
  6. Samarinda. E-Proceeding of Management, 3(2), 986–989.
  7. Kamaludin, Yooke Tjuparmah, & Hana Silvana. 2019. Pengaruh customer relationship management (CRM) terhadap citra perpustakaan pada UPT Perpustakaan ITB. Jurnal Manajemen Komunikasi, 4(1), 41-59.
  8. Kemp, Simon. Hootsuite (We are Social): Indonesian Digital Report 2021. https://datareportal.com/reports/digital-2021-indonesia Diakses tanggal 10 Juni 2022).
  9. Lexy J. Moleong. 2001. Metodologi Pendidikan Kualitatif. Bandung : Remaja Roesdakarya.
  10. Nurtiar, Haryo. 2020. Customer Relationship Management Pada Perpustakaan. Jakarta : Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.
  11. Republik Indonesia (2007). Undang-Undang Nomor 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan.
  12. Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>