Main Article Content
Abstract
ABSTRACT
Social media has become one of the most frequently used platforms for disseminating information. One of the social media platforms often used is WhatsApp. WhatsApp has many users, including children, teenagers, and adults. On WhatsApp, there is a Voice Note feature that facilitates the dissemination of information, particularly among teenagers in Mojosari Village, Kauman District, Tulungagung Regency. The purpose of this research is to understand the role of WhatsApp Voice Notes as a medium for disseminating information, especially among teenagers in Mojosari Village, Kauman District, Tulungagung Regency. This study uses descriptive qualitative research methods. Data were obtained from field interviews and then analyzed by reducing data, presenting data, and drawing conclusions. The results of the study indicate that WhatsApp Voice Notes play a role in the dissemination of information among teenagers. The role is that voice notes make it easy to disseminate information through WhatsApp. The content of Voice Note information is easy to understand, so the information received can reduce misunderstandings.
Keywords: Voice Note, Information Sharing, Information Dissemination.
Keywords
Article Details
References
- Akbar, S. (2021). Media komunikasi dalam mendukung penyebarluasan informasi penanggulangan pandemi COVID-19. Majalah Semi Ilmiah Populer Komunikasi Massa, 2(1).
- Alaby, M. A. (2020). Media sosial whatsapp sebagai media pembelajaran jarak jauh mata kuliah ilmu sosial budaya dasar (ISBD). Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(2), 273-289.
- Aryanti, N., Ambas, J., & Razali, R. (t.t.). JURUS JITU PENDIDIK PADA PELAKSANAAN DARING.
- Bhagaskara, A. E., Nur Afifah, E., & Maulana Putra, E. (2021). Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Berbasis WhatsApp di SD Yapita. ZAHRA: Research and Tought Elementary School of Islam Journal, 2 (1), 13– 23.
- Bin Lukman, K. U. S., Yuliska, Y., & Najwa, N. F. (2021). Chatbot Sebagai Wadah Informasi Perkembangan Covid-19 di Kota Pekanbaru Menggunakan Platform Whatsapp. IT Journal Research and Development, 5(2), 234-245.
- Cahyawati, R. S. (2021). Kombinasi Voice Note dan Mind Mapping dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia secara Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Nomosleca, 7(2), 128-139.
- Doni, F. R., & Faqih, H. (2017). Perilaku penggunaan media sosial pada kalangan remaja. Indonesian Journal on Software Engineering, 3(2), 15-23.
- Firmaiansyah, D., & Surjanti, J. (2014). Pengaruh berbagi pengetahuan terhadap kinerja karyawan melalui inovasi. Jurnal Ilmu Manajemen, 2(1), 128-139.
- Juanda, H. (2017). Media Sosial Sebagai Penyebarluasan Informasi Pemerintah Aceh. Jurnal Peurawi: Media Kajian Komunikasi Islam, 1(1).
- Kurmia, N. (2005). Perkembangan teknologi komunikasi dan media baru: Implikasi terhadap teori komunikasi. Mediator: Jurnal Komunikasi, 6(2), 291- 296.
- Lenaini, I. (2021). Teknik pengambilan sampel purposive dan snowball sampling. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33-39.
- Mahendra, B. (2017). Eksistensi sosial remaja dalam Instagram (sebuah perspektif komunikasi). Jurnal Visi Komunikasi, 16(1), 151-160.
- Nurdiani, N. (2014). Teknik sampling snowball dalam penelitian lapangan. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 5(2), 1110-1118.
- Nurhadi, Z. F., & Kurniawan, A. W. (2018). Kajian tentang efektivitas pesan dalam komunikasi. Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran dan Penelitian, 3(1), 90-95.
- Praktis, S., Pemula, B. P., Pendamping, B., & Skripsi, B. (t.t.). RISET KOMUNIKASI: Surokim Diterbitkan oleh: Pusat Kajian Komunikasi Publik Prodi Ilmu Komunikasi, FISIB-UTM & Aspikom Jawa Timur.
- Pustikayasa, I. M. (2019). Grup whatsapp sebagai media pembelajaran. Widya Genitri: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 10(2), 53-62.
- Putri, A. K. (2021). Analisis Bibliometrik Pada Pengaruh Berita Di Media Sosial Terhadap Perilaku Remaja Di Lingkungan Masyarakat. Jurnal Common, 5(2), 108-117.
- Putri, W. S. R., Nurwati, N., & Santoso, M. B. (2016). Pengaruh media sosial terhadap perilaku remaja. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1).
- Raihan, A. S., & Nordin, M. N. (2019). Kajian keberkesanan aplikasi WhatsApp sebagai medium dakwah dalam kalangan remaja. Jurnal'Ulwan, 4(1), 67-85.
- Sahidillah, M. W., & Miftahurrisqi, P. (2019). Whatsapp sebagai media literasi digital siswa. Jurnal Varidika, 31(1), 52-57.
- Yuliani, W. (2018). Metode penelitian deskriptif kualitatif dalam perspektif bimbingan dan konseling. QUANTA: Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan, 2(2), 83-91.
References
Akbar, S. (2021). Media komunikasi dalam mendukung penyebarluasan informasi penanggulangan pandemi COVID-19. Majalah Semi Ilmiah Populer Komunikasi Massa, 2(1).
Alaby, M. A. (2020). Media sosial whatsapp sebagai media pembelajaran jarak jauh mata kuliah ilmu sosial budaya dasar (ISBD). Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(2), 273-289.
Aryanti, N., Ambas, J., & Razali, R. (t.t.). JURUS JITU PENDIDIK PADA PELAKSANAAN DARING.
Bhagaskara, A. E., Nur Afifah, E., & Maulana Putra, E. (2021). Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Berbasis WhatsApp di SD Yapita. ZAHRA: Research and Tought Elementary School of Islam Journal, 2 (1), 13– 23.
Bin Lukman, K. U. S., Yuliska, Y., & Najwa, N. F. (2021). Chatbot Sebagai Wadah Informasi Perkembangan Covid-19 di Kota Pekanbaru Menggunakan Platform Whatsapp. IT Journal Research and Development, 5(2), 234-245.
Cahyawati, R. S. (2021). Kombinasi Voice Note dan Mind Mapping dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia secara Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Nomosleca, 7(2), 128-139.
Doni, F. R., & Faqih, H. (2017). Perilaku penggunaan media sosial pada kalangan remaja. Indonesian Journal on Software Engineering, 3(2), 15-23.
Firmaiansyah, D., & Surjanti, J. (2014). Pengaruh berbagi pengetahuan terhadap kinerja karyawan melalui inovasi. Jurnal Ilmu Manajemen, 2(1), 128-139.
Juanda, H. (2017). Media Sosial Sebagai Penyebarluasan Informasi Pemerintah Aceh. Jurnal Peurawi: Media Kajian Komunikasi Islam, 1(1).
Kurmia, N. (2005). Perkembangan teknologi komunikasi dan media baru: Implikasi terhadap teori komunikasi. Mediator: Jurnal Komunikasi, 6(2), 291- 296.
Lenaini, I. (2021). Teknik pengambilan sampel purposive dan snowball sampling. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33-39.
Mahendra, B. (2017). Eksistensi sosial remaja dalam Instagram (sebuah perspektif komunikasi). Jurnal Visi Komunikasi, 16(1), 151-160.
Nurdiani, N. (2014). Teknik sampling snowball dalam penelitian lapangan. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 5(2), 1110-1118.
Nurhadi, Z. F., & Kurniawan, A. W. (2018). Kajian tentang efektivitas pesan dalam komunikasi. Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran dan Penelitian, 3(1), 90-95.
Praktis, S., Pemula, B. P., Pendamping, B., & Skripsi, B. (t.t.). RISET KOMUNIKASI: Surokim Diterbitkan oleh: Pusat Kajian Komunikasi Publik Prodi Ilmu Komunikasi, FISIB-UTM & Aspikom Jawa Timur.
Pustikayasa, I. M. (2019). Grup whatsapp sebagai media pembelajaran. Widya Genitri: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 10(2), 53-62.
Putri, A. K. (2021). Analisis Bibliometrik Pada Pengaruh Berita Di Media Sosial Terhadap Perilaku Remaja Di Lingkungan Masyarakat. Jurnal Common, 5(2), 108-117.
Putri, W. S. R., Nurwati, N., & Santoso, M. B. (2016). Pengaruh media sosial terhadap perilaku remaja. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1).
Raihan, A. S., & Nordin, M. N. (2019). Kajian keberkesanan aplikasi WhatsApp sebagai medium dakwah dalam kalangan remaja. Jurnal'Ulwan, 4(1), 67-85.
Sahidillah, M. W., & Miftahurrisqi, P. (2019). Whatsapp sebagai media literasi digital siswa. Jurnal Varidika, 31(1), 52-57.
Yuliani, W. (2018). Metode penelitian deskriptif kualitatif dalam perspektif bimbingan dan konseling. QUANTA: Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan, 2(2), 83-91.