Isi Artikel Utama
Abstrak
Media sosial di era digital saat ini telah menjadi hal utama yang ditawarkan dalam pemasaran. Salah satu pilihan yang dilakukan oleh pelaku usaha sebagai media literasi digital dalam pemasaran produk. Mengandalkan kemampuan literasi digital membuat media sosial memiliki segudang potensi untuk kemajuan sebuah usaha. Menjadikan kemampuan literasi digital yang dimiliki digunakan dalam memanfaatkan media sosial untuk pemasaran produk. Dengan mengandalkan kemampuan tersebut, menggiring kemudahan dan manfaat yang diberikan oleh media sosial dalam pemasaran produk secara online. Terkhusus untuk pelaku UMKM yang memasarkan produk-produk mereka dengan memanfaatkan media sosial. Pelaku UMKM dapat lebih mudah dalam mengatur pemasaran produk. Dengan didukung kemampuan literasi digital, pemanfaatan media sosial untuk pemasaran produk dapat secara online serta manfaat yang didapat ada begitu banyak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran, hambatan, dan penunjang pemanfaatan media sosial dalam memasarkan online produk UMKM alat musik gendang jimbe. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan dan verifikasi. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil dari penelitian ini adalah pemanfaatan media sosial dalam pemasaran online produk UMKM gendang jimbe sebagai promosi produk, serta komunikasi antar penjual dan pembeli. Hambatan, dan penunjang dalam pemanfaatan media sosial untuk pemasaran online produk UMKM gendang jimbe adalah hambatan masalah jaringan internet, dan kurangnya sumber daya manusia serta penunjang berupa sarana prasarana seperti laptop, handphone, dan beberapa aplikasi penunjang.
Rincian Artikel
Referensi
-
Abidin Achmad, Z., Zendo Azhari, T., Naufal Esfandiar, W., Nuryaningrum, N., Farah Dhilah Syifana, A., & Cahyaningrum, I. (2020). Pemanfaatan Media Sosial dalam Pemasaran Produk UMKM di Kelurahan Sidokumpul, Kabupaten Gresik. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1), 17–31. https://doi.org/10.15642/jik.2020.10.1.17-31
Astuti, M., & Matondang, N. (2020). Manajemen Pemasaran: UMKM dan Digital Sosial Media. Deepublish.
Kurniawan, A. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Facebook Oleh UMKM Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Produk Di Dusun Suka Sari Desa Rantau Sakti [Dipublikasikan. Skripsi. Universitas Islam Riau]. https://repository.uir.ac.id/11119/1/189110072.pdf
Lathifah, Z., & Lubis, D. P. (2018). Hubungan Penggunaan Media Sosial Dengan Perkembangan Usaha Kecil Dan Menengah Kecil Wilayah Solo Raya. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 16(1), 75–88. https://doi.org/https://doi.org/10.46937/16201825123
Mansyur, M. I. Al. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Untuk Pemasaran Industri UMKM Teh Mawar di Desa Cluntang, Musuk, Boyolali. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 2(7), 110–114. https://www.jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/view/538/397
Permadi, R. N. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Platform Utama Pemasaran Produk UMKM. Avant Garde, 10(1), 15. https://doi.org/10.36080/ag.v10i1.1695
Simarmata, J., Iqbal, M., Hasibuan, M. S., Limbong, T., & Albra, W. (2019). Hoaks dan Media Sosial: Saring Sebelum Sharing. Yayasan Kita Menulis.
Sudiarti, S., & Munawaroh, S. (2020). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Kinerja Pemasaran Di CV. Amily Hijab Tasikmalaya. Jurnal Manajemen, Keuangan, Dan Komputer, 4(4), 20–34. http://jurnal.poltektriguna.ac.id/Des2020/Artikel_20_34.pdf
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D (20th ed.). Alfabeta.
Widiastuti, R. N. (2018). Memaksimalkan Penggunaan Media Sosial dalam Lembaga Pemerintah. Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.
Referensi
Astuti, M., & Matondang, N. (2020). Manajemen Pemasaran: UMKM dan Digital Sosial Media. Deepublish.
Kurniawan, A. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Facebook Oleh UMKM Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Produk Di Dusun Suka Sari Desa Rantau Sakti [Dipublikasikan. Skripsi. Universitas Islam Riau]. https://repository.uir.ac.id/11119/1/189110072.pdf
Lathifah, Z., & Lubis, D. P. (2018). Hubungan Penggunaan Media Sosial Dengan Perkembangan Usaha Kecil Dan Menengah Kecil Wilayah Solo Raya. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 16(1), 75–88. https://doi.org/https://doi.org/10.46937/16201825123
Mansyur, M. I. Al. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Untuk Pemasaran Industri UMKM Teh Mawar di Desa Cluntang, Musuk, Boyolali. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 2(7), 110–114. https://www.jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/view/538/397
Permadi, R. N. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Platform Utama Pemasaran Produk UMKM. Avant Garde, 10(1), 15. https://doi.org/10.36080/ag.v10i1.1695
Simarmata, J., Iqbal, M., Hasibuan, M. S., Limbong, T., & Albra, W. (2019). Hoaks dan Media Sosial: Saring Sebelum Sharing. Yayasan Kita Menulis.
Sudiarti, S., & Munawaroh, S. (2020). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Kinerja Pemasaran Di CV. Amily Hijab Tasikmalaya. Jurnal Manajemen, Keuangan, Dan Komputer, 4(4), 20–34. http://jurnal.poltektriguna.ac.id/Des2020/Artikel_20_34.pdf
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D (20th ed.). Alfabeta.
Widiastuti, R. N. (2018). Memaksimalkan Penggunaan Media Sosial dalam Lembaga Pemerintah. Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.