Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat keterampilan literasi mahasiswa program studi Ilmu
Al-Qur’an dan Tafsir angkatan 2022 dan 2023, fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Curup dalam
mengakses informasi berdasarkan model The Seven Pillars. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian
kuantitatif, dengan metode pengumpulan data melalui kuesioner yang disusun berdasarkan model The
Seven Pillars oleh SCONUL melalui Google Form. Penelitian ini menggunakan data primer. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh mahasiswa aktif program studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir angkatan 2022
dan 2023 yang berjumlah 39 mahasiswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat keterampi-
lan literasi mahasiswa Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir angkatan 2022 dan 2023 dalam mengakses sumber
informasi berdasarkan model The Seven Pillars sudah baik, namun perlu peningkatan dalam beberapa
bidang. Nilai rata-rata pada variabel Identify adalah 3,18 (baik), Scope 3,26 (baik sekali), Plan 3,26 (baik
sekali), Gather 3,20 (baik), Evalute 3,12 (baik), Manage 3,18 (baik), dan Present 3,15 (baik).
Kata Kunci : The Seven Pillars, Mahasiswa, Data Primer, Literasi Informasi.

Keywords

the seven pillars university students primary data information literacy The Seven Pillars Mahasiswa Data Primer Literasi Informasi

Article Details

References

  1. Andi Windah, P. P. (2020). Kebutuhan Literasi Informasi Dan Digital Bagi Masyarakat Di Pekon Podosari Kecamatan Pringsewu Provinsi Lampung. Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi & Kearsipan, 3.
  2. Deliza, S. N. (2023). Tingkat Literasi Informasi Mahasiswa Universitas Riau Berdasarkan Seven Pillar Model. Jurnal Gema Pustakawan, 38.
  3. Fadhila Nurul Husna Zalmi, L. R. (2023). Kompetensi Literasi Informasi pada Tingkat Pengetahuan dan Keterampilan Mahasiswa Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam UIN Imam Bonjol Padang.
  4. Irmayanti, N. (2020). Literasi Informasi Mahasiswa UIN Ar-Raniry dengan Menggunakan Model The Seven Pillars. Aceh: Repository Ar-Raniry.
  5. Mallek, J. (2017). Factors influencing information literacy competency of college students. The Journal of Academic Librarianship. The Journal of Academic Librarianship.
  6. Mubasiroh, S. L. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Mahasiswa dengan Model The Seven Pillars Of Information Literacy dalam Pembelajaran Daring.
  7. Noer Hidayah, S. (2020). Studi Literasi Informasi Pemustaka di Perpustakaan IAIN Kediri dengan Model Seven Pillars sebagai Dasar Pengembangan Perpustakaan. Jurnal Imam Bonjol Kajian Ilmu Informasi dan Perpustakaan.
  8. Pero, I. (2019). Keterampilan Literasi Informasi Mahasiswa Fakultas Kedokteran Umum UNBRAH dalam Proses Pembelajaran. Shaut Al-Maktabah: Jurnal Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi.
  9. Rezki Sulasari, W. D. (2020). Kemampuan Literasi Informasi Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi Berdasarkan "The Seven Pillars Of Information Literacy". Nazharat, 432.
  10. Septiyantono, T. (2017). Konsep Dasar Literasi Informasi. Jakarta: Repository UT.
  11. Setiawan, V. (2020). Strategi Komunikasi Pustakawan dalam Implementasi Literasi Informasi (Studi Kasus di Perguruan Tinggi dengan Menggunakan dan Memanfaatkan E-Resources. Jurnal Intelektiva.