Proses Keputusan Pembelian Produk Rumah Produksi Ikan Salai Lele Bengkulu oleh Konsumen
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses keputusan pembelian yang dilakukan oleh konsumen salai lele dari Rumah Produksi Ikan Bengkulu. Penelitian ini dilakukan secara sengaja di Pasar Pematang Gubernur Kecamatan Muara Bangka Hulu dan Pasar Induk Pagar Dewa Kecamatan Selebar Kota Bengkulu dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder, serta analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses keputusan pembelian salai lele produksi Rumah Produksi Ikan Bengkulu meliputi lima tahap. Sebagian besar konsumen menyatakan sangat perlu untuk melakukan tahap pengenalan kebutuhan (60%), pencarian informasi (56%), evaluasi alternatif (52%), keputusan pembelian (66%), dan evaluasi pasca pembelian (66%), sementara secara keseluruhan tahap-tahap pengambilan keputusan 51% menganggap perlu dilakukan keputusan pembelian.