KAJIAN EKOWISATA AIR TERJUN TIGA TINGKAT DI DESA AIR TENAM PADA KAWASAN HUTAN LINDUNG BUKIT SANGGUL KPHL UNIT V BENGKULU SELATAN

Authors

  • Yovan Andrean Jurusan Kehutanan, Fakultas Pertanian, Universitas Bengkulu
  • Siswahyono Jurusan Kehutanan, Fakultas Pertanian, Universitas Bengkulu
  • M.Fajrin Hidayat Jurusan Kehutanan, Fakultas Pertanian, Universitas Bengkulu
  • Maria Paulina Jurusan Kehutanan, Fakultas Pertanian, Universitas Bengkulu

Abstract

Elkolwisata adalah suatu belntuk wisata yang melmbantu pelrkelmbangan bellajar belrupa pelngalaman dan pelnghargaan telrhadap lingkungan ataupun selbagian kolmpolnelnnya, di dalam kolntelks budaya yang belrhubungan. Kelgiatan elkolwisata belrtujuan melnjadikan lingkungan dan solsial budaya yang belrkellanjutan. Tujuan penelitian adalah (1) Untuk mendeskripsi kondisi ekowisata Air Terjun Tiga Tingkat di Desa Air Tenam pada Kawasan Hutan Lindung Bukit Sanggul KPHL Unit V Bengkulu Selatan, (2) Untuk mengetahui karakteristik dan persepsi pengunjung terhadap ekowisata Air Terjun Tiga Tingkat di Desa Air Tenam pada Kawasan Hutan Lindung Bukit Sanggul KPHL Unit V Bengkulu Selatan. Teknik pengambilan data dengan cara pengamatan langsung di lapangan, kuesioner (angket), wawancara (interview), teknik penentuan sampel, dan teknik pengumpulan data.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Elkolwisata Air Telrjun Tiga Tingkat di Delsa Air Telnam pada Kawasan Hutan Lindung Bukit Sanggul KPHL Unit V Belngkulu Sellatan melmiliki daya tarik selpelrti, kelindahan alam yang masih sangat telrjaga kellelstarian hutannya delngan flolra dan fauna yang belragam di selpanjang jalan melnuju olbjelk wisata Air Telrjun Tiga Tingkat; karaktelristik pelngunjung olbjelk wisata alam Air Telrjun Tiga Tingkat didolminasi ollelh pelngunjung usia muda dan delwasa; pelngunjung Air Telrjun Tiga tingkat di dolminasi ollelh laki-laki yang belrasal dari Kabupateln Belngkulu Sellatan delngan tingkat pelndidikan SMA seldelrajat; satu rolmbolngan paling banyak belrjumlah 1-4 rolmbolngan delngan jumlah 30 olrang yang didolminasi 1-4 olrang dalam satu rolmbolngan, pelngunjung banyak melngeltahui olbjelk wisata alam Air Telrjun Tiga Tingkat dari telman atau saudara delngan tujuan piknik/kumpul kelluarga. Seldangkan fasilitas tambahan yang paling banyak dibutuhkan yaitu tolilelt dan telmpat sampah. Pelrselpsi pelngunjung telrhadap olbjelk wisata alam Air Telrjun Tiga Tingkat telrmasuk keldalam katelgolri baik, yang belrarti olbjelk wisata ini layak dijadikan selbagai delstinasi wisata, namun diperlukan fasilitas tambahan agar pengunjung merasa puas dan ingin berkunjung kembali ke objek wisata alam Air Terjun Tiga Tingkat.

Downloads

Published

2023-12-31