Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan uji keterbacaan guna mendeskripsikan persepsi peserta didik terhadap media pembelajaran komik digital. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket persepsi peserta didik dengan 19 butir pertanyaan yang diberikan kepada 30 responden yang merupakan peserta didik di 3 sekolah yaitu SMA Negeri 2,4, dan 9 Kota Bengkulu. Dalam penelitian ini analisis data menggunakan deskripsi kuantitatif. Berdasarkan hasil data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran komik digital berbasis pendekatan kontekstual sangat baik berdasarkan persepsi peserta didik. Hal ini didasarkan pada data yang diperoleh bahwa dari seluruh pernyataan mengenai keterbacaan tehadap media pembelajaran komik digital, hampir semuanya dijawab dengan persentase terbesar berada pada pilihan jawaban sangat setuju dan setuju. Ini berarti bahwa peserta didik setuju dengan poin-poin yang ditawarkan pada setiap pernyataan yang mereka isi pada lembar persepsi. Dari data yang diperoleh juga didapatkan nilai Va sebesar 4.28 yang masuk ke kategori valid. Sedangkan nilai reliabilitas diperoleh sebesar 0.85, dan nilai tersebut lebih besar dari r tabel untuk df = 28 yaitu sebesar 0.3610, karena rhitung>rtabel maka masuk ke kategori reliabel.

Kata kunci : Persepsi Peserta Didik, Keterbacaan, Media Pembelajaran, Komik Digital, Pendekatan Kontekstual, Motivasi Belajar, Alat-alat Optik

Article Details

Author Biographies

Mustika Zahfira Utami, Universitas Bengkulu

Pendidikan Fisika

Iwan Setiawan, Universitas Bengkulu

Pendidikan Fisika

Eko Risdianto, Universitas Bengkulu

Pendidikan Fisika

References

  1. Fitriah M. Transformasi Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 [Internet]. 2020. Available from: https://www.liputan6.com/citizen6/read/4248063/opini-transformasi-media-pembelajaran-pada-masa-pandemi-covid-19
  2. Ramdani, Agus., Jufri, Wahab A.. & J. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik. J Has Penelit dan Kaji Kepustakaan di Bid Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran. 2020;6(3).
  3. Risdianto E. Pengembangan Multimedia Interaktif (MPI) pada Praktikum Fisika Dasar I. J Exacta. 2008;VI(2).
  4. Utami MZ, Setiawan I, Risdianto E, Viona E. Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Berbasis Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Materi Alat-Alat Optik. 2021;
  5. Avrilliyanti, Herlina., Budiawanti, Sri. & J. Penerapan Media Komik Untuk Pembelajaran Fisika Model Kooperatif Dengan Metode Diskusi Pada Siswa SMP Negeri 5 Surakarta Kelas VII Tahun Ajaran 2011/2012 Materi Gerak. J Pendidik Fis. 2013;01(01):156.
  6. Widyawati, Ani., & Prodjosantoso AK. Pengembangan Media Komik IPA Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Karakter Peserta Didik SMP. J Inov Pendidik IPA. 2015;1(1):25.
  7. Huriawati, Farida. P&, Permatasari I. Pengembangan Buku Komik Fisika Pokok Bahasan Newton Berbasis Konstruktivisme Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. JPFK. 2015;1(2).
  8. Anesia, Regita., Anggoro, B. S., & Gunawan I. Pengembangan Media Komik Berbasis Android Pada Pokok Bahasan Gerak Lurus. Indones J Sci Math Educ. 2018;01.
  9. Maharani, L., Rahayu, D I., Yuberti, Komikesari, H., Sodikin & Hidayah R. Toondoo Application Based on Contextual Approach: Development of Comic Learning Media. J Phys Conf Ser. 2019;
  10. Hadi, W.S. dan Dwijananti P. Pengembangan Komik Fisika Berbasis Android Sebagai Suplemen Pokok Bahasan Radioaktivitas Untuk Sekolah Menengah Atas. Unnes Phys Educ J. 2015;4(2).
  11. Sodiq M, Mahfud H, Adi FP. Persepsi guru dan peserta didik terhadap penggunaan aplikasi berbasis web “Quizizz” sebagai media pembelajaran di sekolah dasar. 2021;
  12. Winarni., Suparmi. & S. Pengembangan Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Pokok Bahasan Kalor Untuk SMA/MA Kelas X”. J Progr Stud Pendidik Sains Univ Sebel Maret. 2012;
  13. Nursafiah. Tanggapan Siswa Terhadap Model Pebelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Materi Fotosintesis Di Smp Negeri 8 Banda Aceh. Biotik. 2015;3(2).
  14. Nugroho, Gandi Adi., Lisdiana., & Pribadi TA. Pengembangan Komik Sains Berbasis Kontekstual Pada Pembelajaran Sistem Pernapasan. Unnes J Biol Educ. 2013;2(2).
  15. Johar, Asahar., Risdianto, Eko. dan, Indriyati DAF. Perancangan Dan Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Web Pada Bidang Studi Bahasa Inggris Di Kelas Vii Smp Negeri 1 Kota Bengkulu Dengan Menggunakan Php Dan Mysql. J Rekursif. 2014;2(1).