Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan uji keterbacaan guna mendeskripsikan persepsi peserta didik terhadap media pembelajaran komik digital. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket persepsi peserta didik dengan 19 butir pertanyaan yang diberikan kepada 30 responden yang merupakan peserta didik di 3 sekolah yaitu SMA Negeri 2,4, dan 9 Kota Bengkulu. Dalam penelitian ini analisis data menggunakan deskripsi kuantitatif. Berdasarkan hasil data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran komik digital berbasis pendekatan kontekstual sangat baik berdasarkan persepsi peserta didik. Hal ini didasarkan pada data yang diperoleh bahwa dari seluruh pernyataan mengenai keterbacaan tehadap media pembelajaran komik digital, hampir semuanya dijawab dengan persentase terbesar berada pada pilihan jawaban sangat setuju dan setuju. Ini berarti bahwa peserta didik setuju dengan poin-poin yang ditawarkan pada setiap pernyataan yang mereka isi pada lembar persepsi. Dari data yang diperoleh juga didapatkan nilai Va sebesar 4.28 yang masuk ke kategori valid. Sedangkan nilai reliabilitas diperoleh sebesar 0.85, dan nilai tersebut lebih besar dari r tabel untuk df = 28 yaitu sebesar 0.3610, karena rhitung>rtabel maka masuk ke kategori reliabel.
Kata kunci : Persepsi Peserta Didik, Keterbacaan, Media Pembelajaran, Komik Digital, Pendekatan Kontekstual, Motivasi Belajar, Alat-alat Optik
Article Details
Copyright (c) 2022 Mustika Zahfira Utami, Iwan Setiawan, Eko Risdianto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish in this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
• Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA)
AMPLITUDO: Jurnal Ilmu dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Fitriah M. Transformasi Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 [Internet]. 2020. Available from: https://www.liputan6.com/citizen6/read/4248063/opini-transformasi-media-pembelajaran-pada-masa-pandemi-covid-19
- Ramdani, Agus., Jufri, Wahab A.. & J. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik. J Has Penelit dan Kaji Kepustakaan di Bid Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran. 2020;6(3).
- Risdianto E. Pengembangan Multimedia Interaktif (MPI) pada Praktikum Fisika Dasar I. J Exacta. 2008;VI(2).
- Utami MZ, Setiawan I, Risdianto E, Viona E. Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Berbasis Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Materi Alat-Alat Optik. 2021;
- Avrilliyanti, Herlina., Budiawanti, Sri. & J. Penerapan Media Komik Untuk Pembelajaran Fisika Model Kooperatif Dengan Metode Diskusi Pada Siswa SMP Negeri 5 Surakarta Kelas VII Tahun Ajaran 2011/2012 Materi Gerak. J Pendidik Fis. 2013;01(01):156.
- Widyawati, Ani., & Prodjosantoso AK. Pengembangan Media Komik IPA Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Karakter Peserta Didik SMP. J Inov Pendidik IPA. 2015;1(1):25.
- Huriawati, Farida. P&, Permatasari I. Pengembangan Buku Komik Fisika Pokok Bahasan Newton Berbasis Konstruktivisme Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. JPFK. 2015;1(2).
- Anesia, Regita., Anggoro, B. S., & Gunawan I. Pengembangan Media Komik Berbasis Android Pada Pokok Bahasan Gerak Lurus. Indones J Sci Math Educ. 2018;01.
- Maharani, L., Rahayu, D I., Yuberti, Komikesari, H., Sodikin & Hidayah R. Toondoo Application Based on Contextual Approach: Development of Comic Learning Media. J Phys Conf Ser. 2019;
- Hadi, W.S. dan Dwijananti P. Pengembangan Komik Fisika Berbasis Android Sebagai Suplemen Pokok Bahasan Radioaktivitas Untuk Sekolah Menengah Atas. Unnes Phys Educ J. 2015;4(2).
- Sodiq M, Mahfud H, Adi FP. Persepsi guru dan peserta didik terhadap penggunaan aplikasi berbasis web “Quizizz” sebagai media pembelajaran di sekolah dasar. 2021;
- Winarni., Suparmi. & S. Pengembangan Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Pokok Bahasan Kalor Untuk SMA/MA Kelas X”. J Progr Stud Pendidik Sains Univ Sebel Maret. 2012;
- Nursafiah. Tanggapan Siswa Terhadap Model Pebelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Materi Fotosintesis Di Smp Negeri 8 Banda Aceh. Biotik. 2015;3(2).
- Nugroho, Gandi Adi., Lisdiana., & Pribadi TA. Pengembangan Komik Sains Berbasis Kontekstual Pada Pembelajaran Sistem Pernapasan. Unnes J Biol Educ. 2013;2(2).
- Johar, Asahar., Risdianto, Eko. dan, Indriyati DAF. Perancangan Dan Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Web Pada Bidang Studi Bahasa Inggris Di Kelas Vii Smp Negeri 1 Kota Bengkulu Dengan Menggunakan Php Dan Mysql. J Rekursif. 2014;2(1).
References
Fitriah M. Transformasi Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 [Internet]. 2020. Available from: https://www.liputan6.com/citizen6/read/4248063/opini-transformasi-media-pembelajaran-pada-masa-pandemi-covid-19
Ramdani, Agus., Jufri, Wahab A.. & J. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik. J Has Penelit dan Kaji Kepustakaan di Bid Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran. 2020;6(3).
Risdianto E. Pengembangan Multimedia Interaktif (MPI) pada Praktikum Fisika Dasar I. J Exacta. 2008;VI(2).
Utami MZ, Setiawan I, Risdianto E, Viona E. Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Berbasis Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Materi Alat-Alat Optik. 2021;
Avrilliyanti, Herlina., Budiawanti, Sri. & J. Penerapan Media Komik Untuk Pembelajaran Fisika Model Kooperatif Dengan Metode Diskusi Pada Siswa SMP Negeri 5 Surakarta Kelas VII Tahun Ajaran 2011/2012 Materi Gerak. J Pendidik Fis. 2013;01(01):156.
Widyawati, Ani., & Prodjosantoso AK. Pengembangan Media Komik IPA Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Karakter Peserta Didik SMP. J Inov Pendidik IPA. 2015;1(1):25.
Huriawati, Farida. P&, Permatasari I. Pengembangan Buku Komik Fisika Pokok Bahasan Newton Berbasis Konstruktivisme Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. JPFK. 2015;1(2).
Anesia, Regita., Anggoro, B. S., & Gunawan I. Pengembangan Media Komik Berbasis Android Pada Pokok Bahasan Gerak Lurus. Indones J Sci Math Educ. 2018;01.
Maharani, L., Rahayu, D I., Yuberti, Komikesari, H., Sodikin & Hidayah R. Toondoo Application Based on Contextual Approach: Development of Comic Learning Media. J Phys Conf Ser. 2019;
Hadi, W.S. dan Dwijananti P. Pengembangan Komik Fisika Berbasis Android Sebagai Suplemen Pokok Bahasan Radioaktivitas Untuk Sekolah Menengah Atas. Unnes Phys Educ J. 2015;4(2).
Sodiq M, Mahfud H, Adi FP. Persepsi guru dan peserta didik terhadap penggunaan aplikasi berbasis web “Quizizz” sebagai media pembelajaran di sekolah dasar. 2021;
Winarni., Suparmi. & S. Pengembangan Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Pokok Bahasan Kalor Untuk SMA/MA Kelas X”. J Progr Stud Pendidik Sains Univ Sebel Maret. 2012;
Nursafiah. Tanggapan Siswa Terhadap Model Pebelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Materi Fotosintesis Di Smp Negeri 8 Banda Aceh. Biotik. 2015;3(2).
Nugroho, Gandi Adi., Lisdiana., & Pribadi TA. Pengembangan Komik Sains Berbasis Kontekstual Pada Pembelajaran Sistem Pernapasan. Unnes J Biol Educ. 2013;2(2).
Johar, Asahar., Risdianto, Eko. dan, Indriyati DAF. Perancangan Dan Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Web Pada Bidang Studi Bahasa Inggris Di Kelas Vii Smp Negeri 1 Kota Bengkulu Dengan Menggunakan Php Dan Mysql. J Rekursif. 2014;2(1).