Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Untuk menghasilkan LKPD berbasis STEM berbantu GeoGebra pada materi vektor yang layak. 2) Mendeskripsikan respon guru terhadap LKPD yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R & D) yang bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis STEM berbantu GeoGebra pada materi vektor. Model pengembangan yang digunakan yaitu model 4D dengan langkah-langkah Define, Design, Develop dan Dissemination. Pada tahap dissemination dibatasi sampai pada tahap uji respon oleh guru dikarenakan wabah covid-19. Validasi dilakukan oleh 4 judgement ahli untuk menilai produk yang dikembangkan dari aspek kelayakan isi, kebahasaan, penyajian, kegrafisan dan media. Berdasarkan hasil uji validasi aspek kelayakan isi mendapatkan persentase sebesar 87% dengan kategori sangat baik, aspek kebahasaan dengan persentase 77% dengan kategori sangat baik, aspek penyajian persentase sebesar 79% dengan kategori sangat baik, aspek kegrafisan dengan persentase 84% dalam kategori sangat baik dan aspek media dengan persentase 81% dalam kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis STEM berbantu GeoGebra pada materi vektor yang dihasilkan sudah layak  dengan persentase rata-rata sebesar 82% berada pada kategori sangat baik. Adapun respon guru terhadap LKPD ini berada pada kategori sangat baik dengan nilai sebesar 88 %.

 

Kata kunci : Penelitian dan Pengembangan, LKPD, STEM, GeoGebra, Vektor

Article Details

References

  1. Depdiknas. 2003. UU RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
  2. Kemendikbud.2013. Menurut Permendikbud No. 65 Tahun 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  3. Yusuf WF. Implementasi Kurikulum 2013 (K-13) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar (Sd). Jpai [Internet]. 2018;3(20):263–78. Available from: https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/pai/article/view/1097
  4. Sartika D. Pentingnya Pendidikan Berbasis STEM dalam Kurikulum 2013. J Ilmu Sos dan Pendidik [Internet]. 2019;3(3):89–93. Available from: http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/index
  5. Laila Katriani MS. Pengembangan Lembar Kerja. EduFisika. 2017;02(01):70–9.
  6. Dewi AP. Implementasi Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD ) Berbasis Science , Technology , Engineering , and Mathematic ( STEM ) Pada Materi Usaha dan Energi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta. 2019;
  7. Mukti F, Connie C, Medriati R. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA Sint Carolus Kota Bengkulu. J Kumparan Fis. 2018;1(3):57–63.
  8. Torlakson T, Force T. Innovate A Blueprint for STEM Education - Science (CA Dept of Education). california: Foundation, the Californians Dedicated to Education; 2014. 52 p.
  9. Banks F, Barlex D. Teaching STEM in the Secondary School. Teaching STEM in the Secondary School. 2020.
  10. Puri VA. Pengembangan LKPD Berbasis Science, technology, Engineering and Mathematics (STEM) pada Materi Usaha dan Energi di SMA Muhammdiyah 7 Yogyakarta. 2017;
  11. Hidayat FN, Tamimuddin M. Pembelajaran Matematika (Dasar). Yogyakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan; 2015. 455 p.
  12. Syahbana ALI. Belajar menguasai GeoGebra. Muhtarom, M.Pd I, editor. Palembang: NoerFikri Offset; 2016. 271 p.
  13. Agung S. Pemanfaatan Aplikasi GeoGebra dalam Pembelajaran Matematika SMP. Semin Nas. 2015;03:312–22.
  14. Shabila RL, Bhakti YB, Fatahillah. Pengembangan LKPD Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematic) Pada Materi Elastisitas Dan Hukum Hooke. 2020;1(2):95–100.
  15. Sugiyono. Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta; 2017.
  16. Hayati S, Budi A.S. HS. Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Fisika untuk meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF. SNF. 2015;
  17. Pangesti IK, Yulianti D, Sugianto. Bahan Ajar Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa SMA. UPEJ Unnes Phys Educ J. 2017;6(3):53–8.
  18. Depdiknas. Peraturan Pemerintah RI No.19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas; 2008.
  19. Afsari A. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berpikir Tingkat Tinggi pada Pokok Bahasan Sel Kelas XI IPA SMA Negeri 16 Makasar. Educ Psychol J [Internet]. 2017;2(2):65–72. Available from: lib.unnes.ac.id/6871/1/8479.pdf%0Ahttp://www.albayan.ae
  20. Hadijah S. Analisis Respon Siswa dan Guru terhadap Penggunaan Multimedia Interaktif dalam Proses Pembelajaran Matematika. 2018;5(2):176–83.