Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil penelitian pengembangan E-Modul berbantuan sigil software pada materi rangkaian arus searah. Jenis penelitian ini adalah penelitian research and develovment (R&D) dengan menggunakan metode penelitian 4D (define, design, develop desseminate,). Pada penelitian ini peneliti membatasi hanya sampai tahap develop. E-Modul berbantuan sigil software  ini telah divalidasi oleh dosen ahli dan guru fisika. Hasil validasi dosen ahli I menunjukan 78,22% (Sangat Layak), hasil validasi dosen ahli II menunjukan 80,64% (Sangat Layak), hasil validasi dari guru fisika menunjukan 97,58% (Sangat Layak) dan hasil dari respon siswa sebesar 88,72% (Sangat Baik). Jadi media pembelajaran E-Modul berbantuan sigil software ini layak di gunakan sebagai media pembelajaran pada materi rangkaian arus searah.

Article Details

References

  1. Agustina I, Astuti D, Sumarni R.A & Saraswati DL. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning berbasis Android. Jurnal Penelitan Pengembangan Pendidikan Fisika. 2017;3(1):57–62.
  2. Alfiani. Analisis Profil Miskonsepsi Dan Konsistensi Konsepsi Siswa SMA Pada Topik Suhu Dan Kalor. Pros Semin Nas Fis. 2015;4:29–32.
  3. Amalia F & Kustinjo R. Efektifitas penggunaan E-Book dengan Sigil untuk melatihkan kemampuan berpikir kritis. Semin Nas Fis 2017. 2017;81–85.
  4. Darmawan A, Ramadhana Z, Hadi P & Suryudi A. Pemahaman Konsep Mahasiswa Calon Guru pada Topik Usaha dan Energi melalui Representasi Grafik. J Inov Pendidik Fis dan Integr. 2019;2(2):41–54.
  5. Kemendikbud. Permendikbud No 65 tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Available from: https://bsnp-indonesia.org/wp- content/uploads/2009/06/03.-A.-Salinan-Permendikbud-No.-65-th-2013-ttg-Standar-Proses.pdf
  6. Maharani P, Alqodri F, Aldhea R. & Cahaya D. Pemanfaatan Software Sigil Sebagai Media Pembelajaran E-Learning Yang Mudah, Murah Dan User Friendly. Semin Nas Teknol Inf dan Multimed. 2015;25–30.
  7. Machmud K & Abdullah R. Using Mobile Phone to Overcome Students ’ Anxiety in Speaking English. Sci Educ J. 2017;1(1):1–6.
  8. Nita O. Hubungan Pembelajaran Mandiri Dengan Intensitas Penggunaan Ponsel Pintar Pada Siswa Kelas Xi Sman 13 Samarinda. Psikoborneo. 2019;7(4):651–6.
  9. Puspitasari AD. Penerapan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Modul Cetak Dan Modul Elektronik Pada Siswa SMA. J Pendidik Fis. 2019;7(1):17–25.
  10. Rezeki S & Ishafit. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif untuk Sekolah Menengah Atas Kelas XI pada Pokok Bahasan Momentum. JPPPF - J Penelit Pengemb Pendidik Fis. 2017;3(1):1–6.
  11. Rima Y & Hardiyanto W. Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android Menggunakan Sigil Software pada Materi Listrik Dinamis. Semin Nas Pascasarj 2019. 2019;926–32.
  12. Rohmah RN, Lesmono A.D & H arijanto A. Identifikasi Miskonsepsi Siswa Pada Pokok Bahasan Rangkaian Arus Searah Di Kelas Xii Man 1 Jember. Semin Nas Pendidik Fis 2017. 2017;4(1):1–3.
  13. Salim M.B. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Animasi Flash Topik Bahasan Usaha Dan Energi. J Pendidik Fis Univ Muhamadiyah Metro. 2015;25–33.
  14. Samsudin SA. & Samsudin. Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (Tsts) Dan Pemahaman Siswa Tentang Konsep Momentum Dan Impuls. J Pengajaran Mat dan Ilmu Pengetah Alam April 2015. 2015;38–42.
  15. Yunita. Identifikasi Miskonsepsi Mahasiswa Calon Guru Fisika Pada Pokok Bahasan Rangkaian Listrik Melalui Certainty Of Response Index. P. Pros Semin Nas Pascasarj Unsyiah 2017. 2017;94–102.